MODEL ONLINE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM


Syaiful Anwar, 0104517017 (2021) MODEL ONLINE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis Lengkap - syaiful tsr.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pademi Covid-19 membuat pembatasan kegiatan tatap muka di sekolah. Pembelajaran secara daring berbasis LMS adalah salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan Model Online Learning dalam pembelajaran IPA berbasis Learning Management System di SMP N 2 Kendal, Faktor penghambat pelaksanaan model online learning, dan faktor pendukung pelaksanaan model online learning pada pembelajaran IPA berbasis LMS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden dan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Urusan Kurikulum dan guru mapel IPA di SMP N 2 Kendal. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan software ATLAS.ti. adapun untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru menggunakan model Online Learning berbasis LMS dalam pembelajaran IPA sesuai dengan kebijakan sekolah, pada awalnya menggunakan WA group dan google form, berganti Jagaratu, terakhir Microsoft Office 365(Teams) dengan menggunakan media online tersebut pembelajaran sains dapat memadukan kreativitas media pembelajaran serta penilaian berbasis IT; (2) Guru menyiapkan sesi asyncronus dengan menggunggah materi di LMS sedangkan untuk sesi syncronus dengan memanfaatkan Microsoft Teams (seperti zoom meeting). Faktor penghambatnya antara lain; (1) hambatan teknis, human error (kemampuan awal guru mengenal fitur di LMS) , kuota internet habis, listrik mati/pemadamaan listrik serta sinyal internet yang kurang kuat di daerah tertentu, sedangkan faktor pendukungnya adalah ; (1) sekolah menyiapkan sarana prasarana yang baik, mulai dari hardware seperti perangkat komputer, sampai softwarenya, dan menyiapkan suber daya manusia (brainware) yang mampu menjalankan keduanya (Perangkat Hardware, dan software). Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah tenaga pendidik perlu pelatihan mengenai penguasaan perangkat hardware dan software untuk mendukung proses pembelajaran IPA SMP berbasis Learning Management System (LMS). Bagi pihak sekolah melalui Manajer Sekolah menyiapkan sarana prasarana untuk mendukung proses pembelajaran IPA SMP berbasis Learning Management System (LMS), terutama pada masalah jaringan internet.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, LMS, social distancing
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 15:51
Last Modified: 29 Mar 2022 15:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49259

Actions (login required)

View Item View Item