PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DIGITAL SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL PADA GURU SMP


Monovatra Predy Rezky, 0101618019 (2022) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DIGITAL SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL PADA GURU SMP. Doctoral thesis, UNNES.

[thumbnail of Disertasi Lengkap Monovatra - Mono vatra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis model manajemen diklat pada guru SMP Negeri yang selama ini telah di laksanakan dinas P&K Konawe Utara , (2) merumuskan model manajemen diklat yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan guru SMP Negeri di Konawe Utara,(3) menganalisis validitas model diklat yang di kembangkan pada guru SMP Negeri di Konawe Utara,(4) menganalisis keefektifan model manajemen diklat digital scholl untuk meningkatkan kompetensi literasi digital pada guru SMP Negeri yang berada di kabupaten Konawe Utara. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) . prosedur pelaksanaan penelitian melalui 3 tahap dari 10 langkah pelaksanaan penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall . Rancangan alur penelitian yaitu analisis model faktual , pembuatan desain model, model konseptual , FGD, model hipotetik , uji coba terbatas , model final. Sebanyak 80 sampel responden guru yang mengikuti dan turut serta dalam proses penelitian yang tersebar di berbagai wilayah Konawe Utara, dengan metode pengambilan data melalui angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan persentase efektivitas model manajemen diklat digital school berdasarkan respon peserta diklat yaitu : (1) perencanaan (Analysis = 88.33%, Design = 88.75% ,Development = 80.83%) , Pelaksanaan (Implementation= 87.5%) ,Evaluasi ( Evaluation =89.02%) , sehingga rata-rata seluruh aspek 87.58 % . ini berarti dapat dijelaskan bahwa model manajemen diklat digital school bagi guru SMP Negeri di kabupaten Konawe Utara dapat meningkatkan literasi digital setelah mengikuti diklat. Dan nilai nilai N- Gain sebesar pretest-postest 0,44,ini menjadi bukti bahwa model manajemen diklat cukup efektif di laksanakan Simpulan penelitian model manajemen diklat digital school bagi guru SMP Negeri di kabupaten Konawe Utara sangat efektif terhadap peningkatan kompetensi literasi digital pada guru SMP Negeri yang berada di Konawe Utara. Peneliti menyarankan model manajemen diklat dapat diimplementasikan di dinas P & K pada Kabupaten dan Kota lain.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Model Manajemen diklat , digital school, Literasi Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 15:44
Last Modified: 29 Mar 2022 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49258

Actions (login required)

View Item View Item