ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN STUDENT-CREATED CASE STUDIES BERBASIS OPEN ENDED


Haning Widyastuti, 0401515005 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN STUDENT-CREATED CASE STUDIES BERBASIS OPEN ENDED. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0401515005 - haning widyastuti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu fokus dalam pembelajaran matematika. Karakter percaya diri menjadi faktor yang memperkuat kemampuan pemecahan masalah. Penerapan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah di antaranya Student-Created Case Studies. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) keefektifan pembelajaran Student-Created Case Studies berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah dan karakter percaya diri siswa, (2) perkembangan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran Student- Created Case Studies, (3) kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari karakter percaya diri aspek tingkah laku dalam pembelajaran Student-Created Case Studies, (4) kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari karakter percaya diri aspek emosi dalam pembelajaran Student-Created Case Studies, dan (5) kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari karakter percaya diri aspek spiritual dalam pembelajaran Student-Created Case Studies. Jenis penelitian ini adalah mixed method dengan desain concurrent embedded. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) pembelajaran Student- Created Case Studies berbasis open ended efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan karakter percaya diri siswa, (2) kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran Student-Created Case Studies menunjukkan perkembangan yang baik, (3) karakter percaya diri aspek tingkah laku berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Student- Created Case Studies, (4) karakter percaya diri pada emosi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Student-Created Case Studies, dan (5) karakter percaya diri aspek spiritual berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Student-Created Case Studies. Pengimplementasian pembelajaran Student-Created Case Studies sebagai alternatif usaha perbaikan pembelajaran di sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran matematika khususnya dalam mengembangkan kemampuan pemecahan siswa pada materi geometri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Percaya Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 15:28
Last Modified: 29 Mar 2022 15:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49256

Actions (login required)

View Item View Item