PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA BERMUATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA


Iswanto, 0103519057 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA BERMUATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0103519057 - Iswanto Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah berdasarkan studi pendahuluan bahwa salah satu materi yang ada dalam pembelajaran IPA ynag memiliki nilai rata-rata tes formatif paling rendah yaitu materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV. Selain itu, materi sifat-sifat cahaya dianggap penting karena materi sifat-sifat cahaya memiliki banyak kegunaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Akan tetapi dalam pembelajaran terdapat keterbatasan bahan ajar yang digunakan siswa dalam belajar. Bahan ajar hanya beracuan pada buku siswa dan LKS percetakan tertentu dalam kegiatan belajar mengajar sehingga belum mampu meningkatkan literasi sains dan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar sifat-sifat cahaya bermuatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada pembelajaran IPA, menentukan kriteria kelayakan, menganalisis pengaruh implementasi bahan ajar untuk meningkatkan literasi sains dan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA, dan menganalisis korelasi kemampuan literasi sains dan minat belajar siswa, serta menganalisis respons siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) yang meliputi tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan implementasi. Implementasi pembelajaran menggunakan kelas eksperimen dan kontrol. SDN Negeri Ngujuran II sebagai kelas eksperimen dan SDN Karangrejo II sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi kelayakan bahan ajar, tes literasi sains, angket minat belajar siswa dan angket respon siswa terhadap bahan ajar. Hasil penelitian menunjukan hasil validasi oleh ahli dan praktisi terhadap bahan ajar sifat-sifat cahaya bermuatan TPACK dengan rata-rata 89,53% dengan kriteria sangat layak. Hasil implementasi bahan ajar menghasilkan nilai rata-rata literasi sains kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil ini ditunjukan dari rata-rata N-gain peningkatan hasil belajar kelas eksperimen mencapai nilai 0,52 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,28 (lemah). Hasil Uji Nonparametrik Mann Whitney diperoleh nilai Asymp Sig < 0,05. Peningkatan N- gain minat siswa kelas eksperimen 0.54 (sedang) dan siswa kelas kontrol 0.26 (lemah). Hasil Uji Nonparametrik Mann Whitney diperoleh nilai Asymp Sig < 0,05. Hasil analisis hubungan antara minat dan literasi sains diperoleh nilai koofisien korelasi 0.69 dengan katogori kuat. Hasil respon siswa sebagai pengguna bahan ajar pada kelas eksperimen mempeoleh rata-rata rsepon siswa 87.08% dengan kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian dan pengembangan dapat ditarik kesimpulan pengembangan bahan ajar sifat-sifat cahaya bermuatan TPACK dinyatakan layak dan terdapat peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dibanding kontrol terhadap literasi sains dan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA. Saran yang dapat disampaikan adalah bahan ajar sifat-sifat cahaya bermuatan TPACK dapat digunakan sebagai bahan ajar pendamping untuk meningkatkan literasi sains dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Muatan TPACK, Literasi Sains, Minat Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 15:19
Last Modified: 29 Mar 2022 15:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49254

Actions (login required)

View Item View Item