PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HOTS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DAN ANALISISNYA MENGGUNAKAN IRT MODELRASCH


Ismi Inayati, 0404518001 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HOTS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DAN ANALISISNYA MENGGUNAKAN IRT MODELRASCH. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0404518001 - ismi inayati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi soal HOTS untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah pada materi termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian HOTS untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah yang valid dan reliabel pada materi Termokimia. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model 3D yaitu mendefinisikan (define), merancang (design), dan mengembangkan (develope). Subjek penelitian ini peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pemalang sebanyak 77. Sumber dan metode pengambilan data meliputi: wawancara, angket, dan tes. Tahapan penyusunan instrumen meliputi menentukan KI/ KD, memasukkan indikator pembelajaran dan indikator pemecahan masalah, menentukan tingkat kognitif, menyusun kisi-kisi soal, memilih problematika yang kontekstual, menyusun kunci jawaban, dan rubrik penilaian. Teknik analisis data meliputi analisis data validasi ahli, validitas konstruk, validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektifitas pengecoh, dan deteksi bias. Hasil analisis validitas isi instrumen menggunakan rumus Aiken’V berada di atas 0,75 menunjukan instrumen penilaian HOTS untuk mengukur kemampuan problem solving sangat valid. Validitas konstruk dilihat dari nilai pengukuran data mentah sebesar 48,6% memiliki kriteria baik sekali sehingga item soal valid konstruk. Nilai pertama varian data mentah yang tidak dijelaskan hingga kelima di bawah 10% yang berarti keseragaman instrumen dalam kategori baik. Hasil analisis kualitas soal HOTS untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dilihat dari segi validitas konstruk dan butir soal, diperoleh informasi bahwa terdapat 16 butir soal yang dikatakan valid dan 4 soal dikatakan tidak valid karena tidak memenuhi syarat outfit MNSQ, Outfit ZSTD, dan Point Measure Correlation yaitu pada butir soal nomor 4, 7, 17 dan 20. Reliabilitas butir soal sebesar 0,97 yang berarti item soal sangat konsisten, sedangkan reliabilitas peserta didik diperoleh 0,68 yang berarti peserta didik menjawab dengan cukup konsisten. Daya beda diperoleh 8 kelompok butir soal dan 2 kelompok peserta didik. Tingkat kesukaran butir dibagi menjadi 4, kategori sangat mudah (15%), mudah (35%), sulit (20%), dan sangat sulit (30%). Terdapat 3 butir soal yang mengandung bias terhadap jenis kelamin peserta didik yaitu butir soal nomor 3, 7, dan 8.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: HOTS, IRT Model Rasch, Problem-Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 14:48
Last Modified: 29 Mar 2022 14:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49247

Actions (login required)

View Item View Item