PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN DANA DESATERHADAP KEMISKINAN DENGAN PENGANGGURAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KABUPATEN WONOSOBO


Zahwan Azizi, 0701517005 (2022) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN DANA DESATERHADAP KEMISKINAN DENGAN PENGANGGURAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KABUPATEN WONOSOBO. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis Zahwan Azizi Full - Zahwan Azizi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (819kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data Badan pusat statistik (BPS) pada tahun 2021 Kabupaten Wonosobo menjadi daerah dengan persentase tingkat kemiskinan paling tinggi di Provinsi Jawa Tengah. Banyak faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Kabupaten Wonosobo diantaranya pendidikan dan pengangguran. Salah satu solusi yang diberikan pemerintah untuk mengurangi kemiskinan adalah dengan adanya program pemberian dana desa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, dana desa dan pengangguran terhadap kemiskinan serta menganalisis peran pengangguran memediasi pengaruh pendidikan dan dana desa terhadap kemiskinan di Kabupaten Wonosobo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari BPS Kabupaten Wonosobo, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonosobo, serta Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Transmigrasi Kabupaten Wonosobo. Data diambil dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Wonosobo. Periode data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah tahun 2018 – 2019. Data dianalisis menggunakan Path Analysis dan Sobel Test. Hasil penelitian secara menunjukkan bahwa (1) tingkat pendidikan berpengaruh langsung negatif dan signifikan terhadap pengangguran di Kabupaten Wonosobo, (2) dana desa tidak berpengaruh signifikan secara statitistik terhadap pengangguran di Kabupaten Wonosobo, (3) tingkat pendidikan berpengaruh langsung negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di Kabupaten Wonosobo, (4) dana desa tidak berpengaruh signifikan secara statitistik terhadap kemiskinan di Kabupaten Wonosobo, (5) Pengangguran berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kemiskinan di Kabupaten Wonosobo (6) Tingkat pengangguran tidak mampu memediasi hubungan pengaruh dana desa terhadap kemiskinan di Kabupaten Wonosobo, (7) Tingkat pengangguran mampu memediasi hubungan pengaruh tingkat pendidikan terhadap kemiskinan di Kabupaten Wonosobo Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diharapkan pemerintah meningkatkan program pemerintah dalam bidang pendidikan, sering mengadakan pelatihan tentang pengelolaan dana desa dan membuat strategi yang mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja terutama bagi perempuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Dana Desa, Pengangguran, Kemiskinan
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 14:18
Last Modified: 29 Mar 2022 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49242

Actions (login required)

View Item View Item