PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PKn BERBASIS VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Endah Sri Lestari, 0103518116 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PKn BERBASIS VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Video mampu mengaitkan materi serta membangun pemahaman melalui keterlibatan aktif siswa saat belajar. Mata pelajaran PKn khusus nya materi hak dan kewajiban dapat mengaitkan materi serta menerapkan nya dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan kontekstual yang dapat membangun pemahaman melalui keterlibatan aktif. Saat pandemi siswa bosan,jenuh dan malas sehingga siswa membutuhkan pembelajaran yang kreatif,inovatif dan menyenangkan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PKn berbasis video dengan kriteria valid,layak dan efektif sebagai sumber belajar tematik terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan desain pengembangan Research and development (R&D). Sampel dari penelitian terdiri dari 70 siswa. Langkah penelitian ini yaitu 4-D (Four-D Models) yang terdiri atas empat tahapan, yaitu tahap define (pendefinisian) yaitu analisis sumber belajar dan media, tahap design (perancangan) yaitu merancang story board video, tahap develop (pengembangan) yaitu validitas materi dan media, uji kelayakan tanggapan guru dan implementasi video, tahap disseminate (penyebaran) yaitu uji kelayakan siswa dan wali murid dan efektifitas siswa kelas 1V dilakukan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap define (pendefinisian) diperoleh melalui wawancara guru,tahap design(perancangan) membuat story board,tahap develop(pengembangan) di peroleh persentase skor 96%(validitas media) dan 89%(validitas materi) dengan kriteria sangat valid dan angket tanggapan guru dengan persentase 91% dengan kriteria sangat layak, tahap disseminate(penyebaran) di peroleh skor 93% dan 91% dari angket tanggapan siswa dan wali murid dengan kriteria sangat layak sedangkan video pembelajaran PKn sebagai sumber belajar tematik terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV dikatakan efektif atau sudah dapat digunakan siswa karena hasil belajar kognitif siswa mencapai rata-rata 83 dengan kriteria tuntas. Peneliti menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran PKn berbasis video sebagai sumber belajar tematik telah teruji kevalidan, kelayakannya dan keefektifan dengan kategori sangat valid, sangat layak dan efektif. Penggunaan media video dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan pemahaman siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 13:57 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 13:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49240 |
Actions (login required)
View Item |