ANALISIS PROGRAM HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN SCHOOL BRANDING (STUDI MULTISITUS DI SMP IT HARAPAN MULIAPALEMBANG DAN SMP IT AL FURQON PALEMBANG)


Imam Santoso, 0102519031 (2022) ANALISIS PROGRAM HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN SCHOOL BRANDING (STUDI MULTISITUS DI SMP IT HARAPAN MULIAPALEMBANG DAN SMP IT AL FURQON PALEMBANG). Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of full FIKS tesis imam Santoso bulan alhamdulillah print - Imam Santoso.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini yaitu humas sekolah salah satu manajemen sekolah dalam bidang hubungan masyrakat yang diharapkan mampu menjadi jembatan dalam membangun komunikasi dan memelihara hubungan baik antara organisasi dan publik-publiknya. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis program manajemen hubungan masyarakat meliputi; 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan dan 3) Evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data diambil dari ketua yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, anggota PPDB. Teknik keabsahan data menggunakan uji credibilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, SMP IT Harapan Mulia Palembang dan SMP IT Al Furqon Palembang meliputi program Perencanaan manajemen hubungan masyarakat keterlibatan semua unsur, menentukan tujuan dan program humas sekolah, optimalisasi sarana dan prasarana dan mengoptimalisasi media, menyiapkan anggaran. Pelaksanaan manajemen humas dalam membangun school branding, bertindak; membuat logo & seragam sekolah, membuat tagline, membentuk suatu ciri khas & program unggulan, mengejar prestasi. Pengkomunikasi; membuat dan menjalankan media sosial, membangun kerjasama perusahaan, membuat kalender, press relations, pertemuan kekeluargaan. Evaluasi manajemen humas dilaksanakan pada akhir tahun kegiatan mengenai perkembangan hambatan selama pelaksanaan program humas sekolah, pembatasan kegiatan selama pandemi, kurangnya SDM dan tenaga ahli. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Perencanaan: SMP IT Harapan Mulia dan SMP IT Al Furqon Palembang berjalan dengan baik; (2) Pelaksanaan: SMP IT Harapan Mulia dan SMP IT Al Furqon Palembang berjalan dengan baik; (3) Evaluasi: SMP IT Harapan Mulia dan SMP IT Al Furqon Palembang berjalan dengan baik. Saran: Memberikan sumbangan tehadap sekolah melalui program-program manajemen hubungan masyarakat dalam membangun branding sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Humas, School Branding
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 13:53
Last Modified: 29 Mar 2022 13:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49239

Actions (login required)

View Item View Item