PENGARUH TEKNIK MENGAJAR SISWA MENGGUNAKAN BUKU NIHONGO KIRA-KIRA 1 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KESATRIAN 1 SEMARANG


Niken Wahyu Niswah, 2302415021 (2021) PENGARUH TEKNIK MENGAJAR SISWA MENGGUNAKAN BUKU NIHONGO KIRA-KIRA 1 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KESATRIAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302415021 - Niken Wahyu Niswah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat rumit karena tidak hanya sekadar menyerap informasi yang diberikan oleh guru, tetapi juga melibatkan berbagai kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan untuk mencapai hasil belajar yang baik. Guru mempunyai tanggung jawab untuk mengatur, mengarahkan, dan menciptakan suasana yang mendorong siswa untuk melaksanakan berbagai kegiatan dalam proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran telah dilakukan menggunakan rencana pembelajaran dan teknik mengajar yang sesuai dengan Buku Nihongo Kira-kira 1 namun beberapa siswa mempunyai hasil belajar yang masih belum memenuhi harapan. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik mengajar siswa menggunakan buku Nihongo Kira-Kira 1 terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang. Penelitian yang dilakukan disini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam pengumpulkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan observasi, kuisioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan di dalam pembahsannya menggunakan deskriptif korelasional yaitu peneliti bermaksud untuk mencari hubungan antara dua variabel. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, koefisien determinasi, dan regresi linier. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang pengaruh teknik mengajar Buku Nihongo Kira-Kira 1 terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang data yang diperoleh dihitung menggunakan MS. Excel. Sehingga didapatkan hasil koefisien korelasi product moment atau rhasil sebesar - 0,04248, dan rtabel dengan N=118 dan taraf signifikan 5% adalah 1,981. Hasil tersebut menunjukkan bahwa rhasil lebih kecil dibandingkan dengan rtabel (- 0,04248<1,981), sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil data tidak berkorelasi. Dari hasil pengolahan data didapatkan kontribusi yang dihitung dari koefisien determinasi sebesar 0,18%. Hal tersebut berarti teknik mengajar menggunkan buku nihongo kira-kira 1 tidak mempengaruhi hasil belajar Bahasa Jepang siswa SMA Kesatrian 1 Semarang sebesar 0,18%. Berdasarkan perhitungan regresi linier menggunakan MS. Excel menunjukkan persamaan regresi linier Y= 85,317 + - 0,059X, yang berarti bahwa setiap penambahan 1% nilai teknik mengajar buku Nihongo Kira-kira 1, maka nilai hasil belajar siswa bertambah sebesar -0,059.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Teknik Mengajar, Buku Nihongo Kira-Kira, Hasil Belajar.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 04:33
Last Modified: 29 Mar 2022 04:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49229

Actions (login required)

View Item View Item