TINGKAT KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BERMAIN BOLAVOLI PRA JUNIOR PUTRI DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2020


Egy Raihanati, 6102416056 (2021) TINGKAT KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BERMAIN BOLAVOLI PRA JUNIOR PUTRI DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102416056 - Egy Raihanati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah prestasi yang diperoleh maka peneliti tertarik untuk mengetahui penguasaan keterampilan terhadap teknik dasar bolavoli pada klub Berlian Muda dan Porvit. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah tingkat keterampilan teknik dasar pemain bolavoli pada klub bolavoli pra junior putri Berlian Muda dan Porvit Kudus tahun 2020”. Tujuan penelitian ini adalah “ untuk mengetahui bagaimanakah keterampilan teknik dasar bermain bolavoli pra junior putri Berlian Muda dan Porvit Kudus tahun 2020” Populasi di dalam penelitian ini ialah atlet dari klub Berlian Muda dan Porvit Kudus tahun 2020. Penelitian ini berdasarkan perumusan masalah menggunakan teknik penelitian mixed methods, yaitu dalam pengambilan data menggunakan tes standar dengan menggunakan analisis data deskriptif presentase. Variabel penelitian adalah tingkat kemampuan teknik dasar bolavoli pada klub bolavoli pra junior putri klub Berlian Muda dan Porvit Kudus. Sampel dari penelitian ini adalah pemain bolavoli pra junior putri klub Berlian Muda berjumlah 14 dan pemain bolavoli pra junior putri klub Porvit berjumlah 14 atlet. Instrument penelitian diperoleh dari dari tes servis, tes passing atas, tes passing bawah dan tes smash. Berdasarkan pada hasil penelitian maka diperoleh hasil sebagai berikut : teknik dasar klub Porvit untuk kategori baik sekali 0%, baik 0%, sedang 35,71%, kurang 64,29% dan kategori kurang sekali 0%. Lalu untuk teknik dasar passing atas klub Berlian Muda untuk kategori baik sekali 0%, baik 0%, sedang 85,71%, kurang 7,14% dan kategori kurang sekali 0%. Simpulan dari hari penelitian ini adalah pemain bolavoli pra junior putri klub Berlian muda dan Porvit sama-sama memiliki hasil yang yang cukup baik namun masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan Karena hasil ananlisi dari penelitian klub Berlian Muda dan Klub Porvit memiliki aspek kategori sedang. Saran dari penelitian ini yaitu menambah lagi porsi latihan. Meningkatkan program latihan, sehingga pemain mampu memiliki bekal yang kuat di teknik dasar dan meningkatkan kualitas dari permainan bolavoli. Khususnya di teknik smash dan servis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan Teknik Dasar Bolavoli
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 04:27
Last Modified: 29 Mar 2022 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49227

Actions (login required)

View Item View Item