KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING WHATSAPP MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL VIDEO ANIMASI PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SUB TEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA SDN GENUKSARI 02 SEMARANG


Nurul Setiani, 0103517115 (2021) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING WHATSAPP MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL VIDEO ANIMASI PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SUB TEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA SDN GENUKSARI 02 SEMARANG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis Nurul Setiani 0103517115 Full - nurul setiani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran daring dan bekerja dari rumah untuk pencegahan penyebaran Covid 19 adalah sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 36961/MPK.A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan peyebaran virus corona virus disease (Covid 19). Hal ini tertera dalam surat edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan virus Corona menyebutkan alamat internet untuk belajar online di rumah. Hal tersebut membuat kurangnya menarik pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan hasil belajar siswa dengan pembelajaran daring whatshapp menggunakan media audio visual video animasi pada kelas IV Sub Tema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia SDN Genuksari 02 Semarang. Focus penleitian ini adalah penerapan pembelajaran daring whatsapp dengan media audio visual animasi pada hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan penulis kuasi eksperimen (quasi eksperimen). Penelitian ini menggunakan desain pre test-post test non equivalent control group design dengan objek penelitian dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol (kelas IV A SDN Genuksari 02 Semarang) dan kelas eksperimen (kelas IV B SDN Genuksari 02). Sampel berjumlah 80 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan belajar dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh distribusi frekuensi siswa yang memperoleh nilai 85 – 100 ada 13 siswa atau 32,5%, siswa yang mendapatkan nilai 75 – 84 diperoleh 24 siswa atau 60%, siswa yang mendapatkan nilai pada interval 65 – 74 ada 3 siswa atau 7,5%. Terdapat 37 siswa termasuk kategori tuntas dan 3 siswa tidak tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa diperoleh 82,643. 2) Hasil belajar siswa pada kelas kontrol diperoleh distribusi frekuensi siswa yang memperoleh nilai 85 – 100 ada 7 siswa atau 17,5%, siswa yang mendapatkan nilai 75 – 84 diperoleh 24 siswa atau 60%, siswa yang mendapatkan nilai pada interval 65 – 74 ada 9 siswa atau 22,5%. Rata-rata hasil belajar siswa diperoleh 78,929. 3) Berdasarkan tabel output “Independent Samples Test” pada bagian “Equal variances assumed” diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti Ada keefektifan whatshapp grup dengan animasi media tehadap hasil belajar siswa kelas IV Sub Tema Pelestarian kekayaan Alam di Indonesia SDN Genuksari 02 Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Whatsapp, Video Animasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:20
Last Modified: 29 Mar 2022 03:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49223

Actions (login required)

View Item View Item