Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Tembang Macapat Dengan Pendekatan Kontekstual Elemen Mayarakat Belajar pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Jatiyoso Kabupaten Karanganyar.
Heni Sri Sugiyarti, 2009 (2009) Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Tembang Macapat Dengan Pendekatan Kontekstual Elemen Mayarakat Belajar pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Tembang Macapat Dengan Pendekatan Kontekstual Elemen Mayarakat Belajar pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Jatiyoso Kabupaten Karanganyar.)
- Published Version
Download (22kB) | Preview |
Abstract
Sugiyarti, Heni Sri. 2009. Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Tembang Macapat Dengan Pendekatan Kontekstual Elemen Mayarakat Belajar pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Hardyanto, Pembimbing II: Drs. Sukadaryanto, M. Hum. Kata kunci: apresiasi tembang macapat, pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar Mengapresiasi tembang macapat merupakan salah satu kompetensi dasar pembelajaran bahasa Jawa di sekolah. Kegiatan apresiasi yang ada di sekolah selama ini kurang menarik perhatian siswa. Hal tersebut dikarenakan metode yang digunakan guru saat pembelajaran kurang tepat dan kurang menarik perhatian siswa, sehingga hasil kemampuan siswa dalam mengapresiasi tembang macapat kurang maksimal. Berdasarkan kenyataan tersebut penulis mengadakan penelitian. Permasalahan yang diangkat yaitu (1) adakah peningkatan kemampuan siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Jatiyoso Kabupaten Karanganyar waktu mengapresiasi tembang macapat dengan pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar, (2) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Jatiyoso Kabupaten Karanganyar waktu mengapresiasi tembang macapat dengan pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dan perubahan perilaku siswa dalam mengapresiasi tembang macapat dengan pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar. Langkah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis data secara deskriptif prosentase dan secara kualitatif. Hasil prasiklus lalu dibandingkan dengan siklus I, dan hasil siklus I dibandingkan dengan siklus II untuk mengetahui besarnya peningkatan kemampuan siswa dalam mengapresiasi tembang macapat. Hasil tes menunjukan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengapresiasi tembang macapat. Peningkatan kemampuan mengapresiasi tembang macapat prasiklus ke siklus I dapat dilihat dari nilai siswa yang masuk kategori baik. Pada prasiklus siswa yang memperoleh nilai baik ada 1 siswa atau sebesar 3%. Setelah diberi tindakan di siklus I meningkat menjadi 19 siswa atau sebesar 56%. Berarti jumlah siswa yang memperoleh nilai baik dari prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan 53%. Peningkatan pada siklus I ke siklus II dapat dilihat dari jumlah siswa yang masuk kategori baik. Pada kegiatan siklus I sejumlah 19 siswa atau sebesar 56%. Setelah diberi tindakan pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa atau sebesar 88%. Berarti siswa yang memperoleh nilai baik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 32%. Nilai rata-rata kemampuan mengapresiasi tembang macapat masing-masing siklus selalu mengalami peningkatan. Pada kegiatan prasiklus nilai rata-ratanya hanya 57,8, setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 68,4. Karena belum mencapai standar ketuntasan hasil belajar sebesar 70. Nilai rata-rata siklus I berusaha ditingkatkan pada siklus II hasilnya meningkat menjadi 77,4. Pada prasiklus-siklus I mengalami peningkatan 18,33% dan pada siklus I-siklus II mengalami peningkatan 13,15%. Hasil nontes menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran apresiasi tembang macapat dengan pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar, dapat merubah perilaku siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | apresiasi tembang macapat, pendekatan kontekstual elemen masyarakat belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature of music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 29 Sep 2011 02:57 |
Last Modified: | 29 Sep 2011 02:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4922 |
Actions (login required)
View Item |