PILIHAN BAHASA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @JOKOWI


Etika Widi Utami, 0202519002 (2021) PILIHAN BAHASA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @JOKOWI. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of tesis lengkap.. - Etika Widi Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengguna media sosial instagram setidaknya menguasai dua bahasa, hal itu tentu akan banyak ditemukan pilihan bahasa. Adanya hal itu dipengaruhi oleh faktor warganet dan bahasa yang terus berkembang. Terlebih pada akun @jokowi yang membagi berbagai informasi terkini terkait program pemerintah. Hal itu tentu banyak warganet yang saling berkomentar dengan berbagai bahasa. Tujuan penelitian ini adalah menemukan dan mendeskripsikan bentuk pilihan bahasa, menemukan dan mendeskripsikan karakteristik pilihan bahasa dan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pemilihan bahasa pada media sosial instagram dalam akun @jokowi. Pendekatan teoretis dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiolinguistik, dan pendekatan metodologinya berupa deskriptif kualitatif. Selanjutnya data dikumpulkan dengan metode simak, metode simak terdiri atas dua teknik, yaitu teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar dalam penelitian ini adalah teknik sadap dan teknik lanjutannya adalah teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode padan dan teknik PUP. Pada media sosial instagram dalam akun @jokowi terdapat beberapa bentuk pilihan bahasa meliputi 1) variasi tunggal bahasa Indonesia, 2) variasi tunggal bahasa Inggris, 3) alih kode bahasa Indonesia ke Jawa, 4) alih kode bahasa Indonesia ke Inggris, 5) campur kode berbentuk kata, 6) campur kode berbentuk frasa. Karakteristik pilihan bahasa meliputi bahasa non formal yaitu 1) bahasa gaul, 2) ungkapan, 3) singkatan, 4) kata khusus, 5) kata asing, 6) kata daerah, dan bahasa formal. Selanjutnya faktor yang mempengaruhi terjadinya pilihan bahasa meliputi 1) faktor tujuan tuturan, 2) pokok tuturan, 3) peserta tutur, 4) faktor maksud-tujuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai macam pilihan bahasa. Adanya pilihan bahasa tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor. Selain pilihan bahasa dan faktornya, karakteristik pilihan bahasa pada penelitian ini juga bervariatif. Beberapa penelitian terdahulu terkait kajian sosiolinguistik yang digunakan masih banyak menggunakan objeknya pada tuturan masyarakat secara langsung, hanya ada beberapa yang menjadikan objeknya pada media sosial. Tetapi, hanya satu deskripsi yang dikakaji yaitu pola komunikasinya, sedangkan pada penelitian ini mengkaji pilihan bahasa, karakteristik, dan faktor yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pilihan bahasa, media sosial, instagram
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:41
Last Modified: 29 Mar 2022 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49213

Actions (login required)

View Item View Item