DETERMINANTS EFFECTIVE TAX RATE PADA BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA


REVITA AGUSTINA, 7211416050 (2021) DETERMINANTS EFFECTIVE TAX RATE PADA BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416050 - Revita Agustina.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, rasio utang, dan intensitas aset tetap terhadap ETR dengan kepemilikan pemerintah sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian adalah seluruh BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2009-2019. Seluruh perusahaan populasi yakni 20 perusahaan dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dari laporan keuangan yang kemudian unit analisis penelitian ini berupa laporan keuangan tersebut. Laporan keuangan yang akan dianalisis dipilih dengan metode purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu yang menghasilkan sebanyak 168 unit analisis. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Regresi Data Panel dengan Common Effect Model (CEM) dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan program EViews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ETR, intensitas aset tetap berpengaruh positif dan signifikan terhadap ETR, rasio utang tidak berpengaruh signifikan terhadap ETR, serta kepemilikan pemerintah tidak signifikan memoderasi pengaruh ukuran perusahaan, rasio utang, dan intensitas aset tetap terhadap ETR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Effective Tax Rate, Ukuran Perusahaan, Rasio Utang, Intensitas Aset Tetap, Kepemilikan Pemerintah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:47
Last Modified: 29 Mar 2022 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49212

Actions (login required)

View Item View Item