MANAJEMEN HUMAS DALAM UPAYA MENJAGA HUBUNGAN BAIK DENGAN DU/DI DI SMK HIDAYAH SEMARANG


Diah Rinjani Purwaningrum, 7101416084 (2021) MANAJEMEN HUMAS DALAM UPAYA MENJAGA HUBUNGAN BAIK DENGAN DU/DI DI SMK HIDAYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416084 - Diah Rinjani Purwaningrum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen humas yang baik sangat membantu humas dalam menjaga hubungan baik dengan pihak luar. Humas setiap sekolah harus menentukan bagaimana manajemen yang tepat untuk diterapkan pada sekolahnya dalam menjaga hubungan baik dengan pihak luar. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMK Hidayah Semarang pada tahun 2019 terdapat penurunan jumlah perusahaan yang bekerjasama dengan sekolah, maka perlu adanya perbaikan oleh humas dalam menjaga hubungan baik dengan pihak luar atau pihak DU/DI. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan humas dalam upaya menjaga hubungan baik dengan DU/DI di SMK Hidayah Semarang (2) Untuk mengetahui pengorganisasian humas dalam upaya menjaga hubungan baik dengan DU/DI di SMK Hidayah Semarang (3) Untuk mengetahui pengkoordinasian humas dalam upaya menjaga hubungan baik dengan DU/DI di SMK Hidayah Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari 13 informan terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, staff sarana dan prasarana, ketua kompetensi keahlian masing-masing jurusan, penanggung jawab BKK sekolah dan 3 DU/DI yang bekerjasama dengan sekolah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa manajemen humas yang dilakukan SMK Hidayah Semarang adalah dengan melakukan perencanaan program-program sekolah yang melibatkan DU/DI. Pengorganisasian yang dilakukan humas beserta staffnya dan ketua kompetensi keahlian masing-masing jurusan. Pengkoordinasian yang dilakukan dengan pihak internal maupun eksternal sekolah kemudian pelaksanaan program dan diadakan evaluasi setelah program selesai dilaksanakan. Simpulan dari penelitian ini, manajemen humas di SMK Hidayah Semarang telah dilakukan sesuai dengan teori Ruslan dalam upaya pecapaian tujuan bersama dari organisasi atau lembaga yang diwakilinya. Saran yang diberikan yaitu sebaiknya humas membuat program yang lebih unik lagi dan menambah kerjasama dengan DU/DI agar komunikasi dapat sering terjadi. Untuk sekolah sebaiknya manambah staff humas agar kegiatan yang dilakukan dapat bertambah dan berkembang dan menunjuk satu guru atau karyawan untuk mengelola website sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen humas, hubungan baik, DU/DI
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:18
Last Modified: 29 Mar 2022 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49209

Actions (login required)

View Item View Item