PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM PENCERNAAN BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA


Ayu Afridah, 0402518032 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM PENCERNAAN BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0402518032 - Ayu Afridah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kesulitan dalam memahami materi serta menurunnya hasil belajar siswa, bisa disiasati lewat pengembangan bahan ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan guna mengembangkan bahan ajar sistem pencernaan berbasis guided inquiry selaku sumber belajar siswa untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan langkah- langkah yang digunakan yaitu: 1) mengidentifikasi potensi dan masalah; 2) mengumpulkan data; 3) mendesain produk; 4) validasi desain; 5) revisi I desain produk; 6) uji coba skala terbatas; 7) revisi II produk; 8) uji skala luas; 9) revisi produk; 10) produk final. Subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 SMAN 5 Cirebon dengan 60 sebagai subjek. Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk bahan ajar berbasis guided inquiry dikembangkan berdasarkan sintaks guided inquiry; (2) validitas bahan ajar berdasarkan skor validasi ahli materi dan media berturut-turut 95% dan 96,25% dengan kriteria sangat valid; (3) bahan ajar berbasis guided inquiry berdasarkan hasil analisis tes uraian dan analisis angket penilaian sikap ilmiah menunjukkan bahwa bahan ajar efektif meningkatkan hasil belajar ranah berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sistem pencernaan yang dikembangkan memiliki karakteristik berdasarkan sintaks guided inquiry, meliputi: merumuskan masalah, membuat hipotesis, merencanakan percobaan, melaksanakan kegiatan, mengumpulkan data dan mengambil kesimpulan, bahan ajar sangat valid dan efektif meningkatkan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, berpikir kritis, guided inquiry, sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:35
Last Modified: 29 Mar 2022 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49208

Actions (login required)

View Item View Item