FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN ANEMIA PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIS YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG


Dewi Rukmana, 0613519013 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN ANEMIA PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIS YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS DEWI RUKMANA FIX-converted (12) - Dewirukmana Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anemia terjadi pada pasien penyakit ginjal kronis dapat dicegah dengan pemberian eritropoietin (EPO). Penyakit ginjal kronis (PGK) adalah suatu Epidemi Global dengan perkiraan prevalensi 14% di Amerika Serikat dan 5% di seluruh dunia. Tujuan penelitian Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian anemia melalui pemberian Eritropoietin pada pasien penyakit ginjal kronis yang menjalani hemodialisis di RS Islam Sultan Agung Semarang. Metode penelitian observasi analitik menggunakan desain Cross Sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 162 orang. Tehnik sampel menggunakan Total Sampling. Hasil uji statistik menggunakan Path Analisysis terdapat pengaruh langsung dengan nilai signifikan yaitu Eritropoietin, penyakit penyerta, kreatinin dan ureum kemudian nilai tidak signifikan dukungan keluarga, tingkat kepatuhan dan tingkat pengetahuan. pengaruh tidak langsung dengan nilai signifikan variabel dukungan keluarga, tingkat kepatuhan, tingkat pengetahuan pada variabel yang tidak signifikan penyakit penyerta, kreatinin, ureum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang paling berpengaruh terhadap pasien anemia penyakit ginjal kronis yang menjalani hemodialisis yaitu kreatinin (P= < 0.001), dukungan keluarga (P= <0.001), tingkat kepatuhan (P= <0.001) dan tingkat pengetahuan (P= <0.001).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penyakit Ginjal Kronis, Anemia, Hemodialisis
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 01:48
Last Modified: 29 Mar 2022 01:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49206

Actions (login required)

View Item View Item