Konstruksi Sosial Remaja Terhadap Transmisi Nilai Sosial Budaya Seni Dendang Al-Hidayah Di Desa Ketaping Kabupaten Bengkulu Selatan


Ziva Syah Ratulangi, 0301519012 (2021) Konstruksi Sosial Remaja Terhadap Transmisi Nilai Sosial Budaya Seni Dendang Al-Hidayah Di Desa Ketaping Kabupaten Bengkulu Selatan. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of phpZ7YC5A_1686815728 (4).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of phpsSJn12_1686821905 (2).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of phpsSJn12_1686821905 (4).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of phpZ7YC5A_1686815728 (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Transmisi kebudayaan dijadikan sebagai pegangan dalam meneruskan estafet kebudayaan namun transmisi budaya seni dendang Al-Hidayah belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis bentuk transmisi nilai sosia lbudaya seni dendang Al-Hidayah di Desa Ketaping (2) Menganalisis peran stakeholders dalam transmisi nilai sosial budaya seni dendang Al-Hidayah di Desa Ketaping (3) Menganalisis konstruksi sosial remaja terhadap transmisi nilai sosial budaya seni dendang Al-Hidayah di Desa Ketaping (4) Menganalisis tantangan transmisi nilai sosial budaya seni dendang Al-Hidayah terhadap remaja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan fenomenologi dan etnografi, dengan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling, artinya pemilihan informan dipilih berdasarkan ciri-ciri khusus. Kemudian selanjutnya data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumen kemudian data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan analisis kualitatif yaitu dengan cara melukiskan hasil penelitian dalam bentuk kata-kata atau kalimat sehingga peneliti menguraikan secara mendalam hasil penelitian tersebut sesuai dengan keadaan sebenarnya yang terjadi di lapangan. Sasaran penelitian adalah remaja dan kelompok seni dendang. Hasil penelitian menunjukkan nilai sosial yang terkandung dalam seni dendang adalah nilai disiplin waktu, saling menghormati, bermusyawarah dan bekerjasama. Belum adanya program dari desa, Badan Musyawarah Adat dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Selatan untuk menstransmisikan seni dendang kepada remaja. Konstruksi sosial transmisi nilai sosial budaya seni dendang adalah sebagai penanaman nilai budi pekerti melalui transmisi nilai sosial budaya seni dendang. Tantangan dalam transmisi seni dendang (1) kurangnya minat masyarakat akan seni dendang (2) belum adanya program desa, Badan Musyawarah Adat dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Selatan. Analisis teori menggunakan teori Teori konstruksi sosial oleh Peter L. Berger Thomas Luckmann dan teori konstruksi sosial oleh Pierre Bourdieu, dan teori Kognitif Sosial oleh Albert Bandura. Penanaman budi pekerti melalui transmisi nilai sosial budaya seni dendang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Social Construction, Youth, Transmission of Socio-Cultural Values
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 28 Mar 2022 15:20
Last Modified: 16 Apr 2024 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49202

Actions (login required)

View Item View Item