PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING INDUSTRI KERAJINAN KAYU DI DESA MULYOHARJO KABUPATEN JEPARA


Aulia Fajriyani Maghfiroh, 7101416038 (2021) PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING INDUSTRI KERAJINAN KAYU DI DESA MULYOHARJO KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416038 - Aulia Fajriani Maghfiroh.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keunggulan bersaing menjadi isu yang sangat menarik untuk dikaji secara menyeluruh, karena setiap perusahaan memiliki kriteria atau produk yang berbeda dengan hasil yang dimiliki perusahaan lain. Dengan adanya pesaing yang bertambah banyak, maka setiap usaha harus mempunyai keunggulan kompetitif. Tujuan dari peneliti adalah mengetahui tentang pengaruh diferensiasi produk, orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing industri kerajinan kayu di Desa Mulyoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha industri kerajinan kayu di Desa Mulyoharjo yang berjumlah 194. Jumlah sampel diketahui sebanyak 66 pemilik usaha industri kerajinan kayu di Desa Mulyoharjo yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil deskriptif variabel keunggulan bersaing, diferensiasi produk, orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel diferensiasi produk, orientasi pasar, orientasi kewirausahaan semuanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing industri kerajinan kayu di Desa Mulyoharjo sebesar 84,8%. Saran dari peneliti yaitu pemilik usaha industri seni patung dan ukir kayu di Desa Mulyoharjo lebih memperhatikan produk yang akan dibuat agar memiliki nilai yang berbeda dengan produk yang ditawarkan dari pemilik toko yang lain. Agar mampu menjadi perusahaan yang dianggap memiliki nilai keunggulan bersaing yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Bersaing, Diferensiasi Produk, Orientasi Pasar, dan Orientasi Kewirausahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2022 08:12
Last Modified: 28 Mar 2022 08:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49200

Actions (login required)

View Item View Item