PENGARUH IKLAN DAN KONFORMITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN LITERASI EKONOMI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2017


Khusnul Nur Khotimah, 7101415251 (2021) PENGARUH IKLAN DAN KONFORMITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN LITERASI EKONOMI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415251 - Khusnul Nur Khotimah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan tindakan seseorang dalam membelanjakan uangnya dengan tidak mempertimbangkan kebutuhan melainkan untuk kesenangan semata, mereka tidak benar-benar membutuhkan produk/jasa yang mereka konsumsi melainkan mereka hanya mengikuti trend. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara iklan dan konformitas terhadap perilaku konsumtif dengan literasi ekonomi sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017 yang berjumlah 92 mahasiswa, seluruhnya dijadikan sebagai responden penelitian, metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 19,01%. Konformitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 25,20%. Literasi ekonomi tidak mampu memoderasi hubungan iklan terhadap perilaku konsumtif. Literasi ekonomi tidak mampu memoderasi hubungan konformitas terhadap perilaku konsumtif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah iklan dan konformitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif serta literasi ekonomi tidak memoderasi hubungan antara iklan dan konformitas terhadap perilaku konsumtif. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa disarankan dapat lebih rasional lagi dalam menggunakan uangnya. Uang yang mereka dapat sebaiknya dipergunakan sebaik mungkin. Dibelanjakan untuk hal yang berfungsi sesuai kegunaan dan manfaatnya. Rajin menabung untuk hal yang lebih bermanfaat di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Konformitas, Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumtif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:46
Last Modified: 28 Mar 2022 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49199

Actions (login required)

View Item View Item