RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PESERTA DIKLAT KERJA SERTA NOTIFIKASI SMS BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY DI UPTD – BLK GROBOGAN


SAIRONI HARDIYANTORO, 5302414089 (2021) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PESERTA DIKLAT KERJA SERTA NOTIFIKASI SMS BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY DI UPTD – BLK GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302414089 - Saironi Hardiyantoro.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Unit Pelaksana Teknis Daerah – Balai Latihan Kerja atau sering disebut dengan UPTD – BLK merupakan suatu lembaga pemerintah di bawah naungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang menyelengggarakan dan memberikan keahlian, bekal keterampilan dan layanan kepada kalangan masyarakat luas. UPTD – BLK sendiri merupakan wujud nyata dari program pelaksanaan pembinaan dan peningkatan keterampilan kerja untuk masyarakat lebih berkualitas dan mempunyai basicskill dalam bekerja, maka UPTD – BLK membutuhkan suatu peningkatan kualitas dari segi sarana dan prasarana. Rancang bangun sistem informasi pendaftaran peserta diklat kerja dibuat untuk mempermudah para staff UPTD – BLK dalam proses pendaftaran pelatihan karena dalam pelayanannya masih belum optimal. Sebagian besar dalam aktivitasnya UPTD – BLK Kabupaten Grobogan dalam proses pendaftaran dan pendataan input outputnya belum sepenuhnya menerapkan sistem komputerisasi. Seperti dalam proses pendaftaran peserta diklat yang masih menggunakan cara manual yang masih menggunakan buku yang mudah kotor, rusak, robek dan sehingga dalam pengolahaanya belum maksimal. Maka dari itu, UPTD – BLK membutukan rancang bangun sistem informasi pendaftaran peserta diklat yang khususnya dalam pendataan biodata peserta pelatihan keterampilan dengan menambahkan suatu fitur notifikasi SMS agar mudah dalam memberikan informasi pesan singkat kepada peserta terkait proses pendaftaran dengan menggunakan Gammu. SMS atau Short Message Service merupakan salah satu komunikasi dengan teks melalui perangkat bergerak (mobile divice). Dengan perkembangan teknologi maka SMS tidak hanya digunakan untuk mengirimkan atau bertukar informasi antara dua orang yang saling mengenal atau membutuhkan, bahkan sudah mulai digunakan untuk berhubungan antara sesorang dengan sistem sesuai dengan kebutuhan. Dengan dirancangnya sistem informasi ini, diharapkan mampu membantu mempermudah staff BLK Grobogan dalam memproses dan mengolah data peserta pelatihan keterampilan serta memberikan notifikasi SMS dengan mudah dan cepat. Model pembuatan rancang bangun sistem informasi pendaftaran peserta diklat menggunakan prototyping dimana dalam proses pembuatan produk antara user dan peneliti lebih dekat dalam menjalin interaksi satu sama lain, sehingga setiap permintaa user mampu dikomunikasikan langsung ke peneliti dan mampu saling berkonsultasi dalam pembuatan produk yang labih baik. User juga mampu melihat langsung proses pembuatan produk sehingga menghemat waktu dan biaya karena hanya point-point penting saja yang dibuat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Pendaftaran, UPTD – BLK Grobogan, SMS Gateway, prototyping.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:09
Last Modified: 28 Mar 2022 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49196

Actions (login required)

View Item View Item