SISTEM MONITORING BESARAN LISTRIK DAN SUHU RUANG SERVER RADIO PT. KAI DAOP 4 SEMARANG TAWANG BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)


Marham Abdul Lathif Azzaky, 5301415041 (2020) SISTEM MONITORING BESARAN LISTRIK DAN SUHU RUANG SERVER RADIO PT. KAI DAOP 4 SEMARANG TAWANG BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301415041 - Marham Abdul Lathif Azzaky.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai ruang pusat server kendali utama komunikasi antar kereta api dan antar stasiun satu DAOP 4 yang meliputi hampir seluruh Jawa Tengah, Ruang Server Radio PT. KAI DAOP 4 Semarang yang berada di area Stasiun Tawang. Diperlukan pemantauan untuk mengetahui dan menjaga kondisi besaran listrik dan suhu Ruang Server selalu dalam kondisi yang ideal. Maka dalam penelitian ini dirancang dan dibuatlah alat monitoring besaran arus, tegangan, dan suhu ruang server radio berbasis internet of things (IOT) yang besaran hasil monitoring bisa diakses dimanapun dan kapanpun secara real time. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian rekayasa (engineering) yang terdiri dari perencanaan yang berisi perumusan masalah, perancangan yang berisi desain sistem, pembangunan mulai dari hardware maupun software, dan terakhir penerapan yang dilakukan ujicoba terlebih dahulu sebelum diterapkan langsung di lapangan. Dari hasil percobaan alat yang dibuat dibandingkan dengan pengukuran secara manual yang sudah ada, Data hasil pembacaan sensor memiliki eror mulai dari suhu yaitu 1,9%, kemudian tegangan 3,57%, dan sensor arus mencapai 6,88%. Sensor Current Tansformers memiliki ketelitian yang kurang baik daripada hall-effect sensor tetapi memiliki kekuatan pembacaan yang sangat tinggi dan lebih aman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Besaran Listrik dan Suhu, monitoring, Internet Of Things
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:04
Last Modified: 28 Mar 2022 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49195

Actions (login required)

View Item View Item