PENGARUH VARIASI WAKTU PROSES HARDCHROME ELEKTROPLATING TERHADAP KETEBALAN, KEKERASAN DAN LAJU KOROSI PERMUKAAN LAPISAN BAJA ST37


Fauzul Muna, 5201416045 (2021) PENGARUH VARIASI WAKTU PROSES HARDCHROME ELEKTROPLATING TERHADAP KETEBALAN, KEKERASAN DAN LAJU KOROSI PERMUKAAN LAPISAN BAJA ST37. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201416045 - Fauzul Muna.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Baja karbon rendah memiliki kelebihan ulet, mudah dibentuk dan harga yang terjangkau, akan tetapi baja karbon rendah masih memiliki kekurangan salah satunya mudah mengalami korosi. Untuk mendapatkan sifat yang lebih baik maka diperlukan adanya suatu pelapisan pada baja karbon rendah ini untuk mengurangi tingkat korosi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui waktu yang optimum dalam pelapisan hardchrome terhadap tingkat ketebalan ,kekerasan dan laju korosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan analisis data secara deskriptif. Bahan pada penelitian ini menggunaka baja karbon rendah. Data penelitian ketebalan lapisan diperoleh dengan menggunakan alat Coating Thickness Gauge DUALSCOPE MPOR. Data penelitian kekerasan lapisan diperoleh dengan menggunakan metode uji Micro Vickers. Data penelitian laju korosi di peroleh dengan menggunakan metode pencelupan ke media air laut. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara mengamati secara langsung. Hasil eksperimen disajikan dalam bentuk tabel dan grafik kemudian dianalisis dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan semakin lama waktu pelapisan semakin tinggi nilai ketebalan dan kekerasan lapisannya. Untuk hasil laju korosi setiap perbedaan air laut menghasilkan tingkat korosi yang berbeda sesuai dengan tingkat keasaman air laut tersebut. Nilai ketebalan lapisan tertinggi pada variasi waktu 120 menit dengan ketebalan rata rata 1,02 µm. nilai ketebalan terendah pada variasi waktu 60 menit dengan ketebalan rata rata 0,93 µm. nilai kekerasan tertinggi pada variasi waktu 120 menit dengan kekerasan rata rata sebesar 299,56 VHN. Nilai kekerasan terendah pada variasi waktu 60 menit dengan nilai kekerasan rata rata sebesar 263 VHN. laju korosi menunjukkan rata rata laju korosi pada specimen yang direndam dalam air laut Semarang yang sebelumnya sudah dilakukan proses hardchrome electroplating dengan variasi waktu 60 menit, 90 menit dan 120 menit memiliki nilai laju korosi rata rata sebesar 0,000283 mmpy, 0,000257 mmpy dan 0,000214 mmpy.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Waktu, Hardchrome, Elektroplating, Baja ST37.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2022 06:11
Last Modified: 28 Mar 2022 06:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49194

Actions (login required)

View Item View Item