OPTIMASI JENIS DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH SERTA PENCAHAYAAN UNTUK PERTUMBUHAN PLANTLET Phalaenopsis sp. SECARA IN VITRO


Koriatun Wakidah, 4411415049 (2021) OPTIMASI JENIS DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH SERTA PENCAHAYAAN UNTUK PERTUMBUHAN PLANTLET Phalaenopsis sp. SECARA IN VITRO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4411415049 - koriatun wakidah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Anggrek bulan adalah salah satu tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Biji anggrek sulit berkecambah dengan cara konvensional. Perkecambahan dapat dilakukan melalui kultur jaringan tanaman. Pertumbuhan anggrek hasil kultur jaringan tanaman ini dipengaruhi oleh zat pengatur tumbuh dan intensitas cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konsentrasi napthalene acetic acid (NAA), benzyl amino purin (BAP) dan intensitas cahaya terhadap pertumbuhan anggrek Phalaenopsis sp. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok tiga faktor yaitu intensitas cahaya (3400 lux, 4400 lux dan 5400 lux), konsentrasi NAA (0,5 ppm; 1 ppm; 1,5 ppm) dan konsentrasi BAP (1 ppm; 1,5 ppm; 2 ppm) dalam media Vacin and Went (VW) dan setiap botol berisi 5 plantlet dan diulang sebanyak 2 ulangan. Parameter yang diamati adalah jumlah daun, panjang daun, lebar daun, jumlah akar, panjang akar, dan kadar klorofil total daun. Data dianalisis dengan Anava tiga jalur dan Duncan’s Multiple Range Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi hormon NAA berpengaruh signifikan terhadap kadar klorofil total, hormon BAP tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan, intensitas cahaya berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan lebar daun dan kadar klorofil total. Interaksi 0,5 ppm NAA, 2 ppm BAP pada intensitas cahaya 4400 lux berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan lebar daun. Hormon NAA 0,5 ppm optimal terhadap kadar klorofil total, intensitas cahaya 4400 lux optimal terhadap pertumbuhan lebar daun, dan kadar klorofil total anggrek bulan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: zat pengatur tumbuh, pencahayaan, in vitro, pertumbuhan Phalaenopsis sp.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:58
Last Modified: 28 Mar 2022 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49189

Actions (login required)

View Item View Item