ANALISIS PENGUAT STRUKTUR RANGKA DENGAN UJI TABRAK SAMPING REGULASI ECE R95 PADA RANGKA BUS COACH 12 METER MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA


Erman Hidayat, 5202416013 (2021) ANALISIS PENGUAT STRUKTUR RANGKA DENGAN UJI TABRAK SAMPING REGULASI ECE R95 PADA RANGKA BUS COACH 12 METER MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Erman Hidayat.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penyebab kecelakaan lalu lintas dapat dikelompokkan dalam Faktor Kesalahan Manusia, Faktor Pengemudi, Faktor Jalan, Faktor Kendaraan Bermotor, dan Faktor Alam, salah satu kasus dari data kecelakaan Komite Nasional Keselamatan Transportasi KNKT tahun (2010 – 2016) telah terjadi 41 kasus kecelakaan bus yang berbahaya dengan korban jiwa sebanyak meninggal 443 orang dan luka luka sebanyak 791 orang. (KNKT, 2016). Metode Penelitian ini, dilakukan simulasi kecelakaan tabrak samping dengan standar UN ECE R95 pada struktur rangka bus coach 12 meter dengan berat 12 Ton ditambah 39 penumpang menjadi 14 Ton menggunakan variasi gusset dengan ukuran profiel tube 40 x 40 mm dan 60 x 40 mm ukuran variasi ketebalan yaitu 2,5 , 3 dan 4 mm yang di pasang antara struktur lantai dan struktur rangka samping dengan tujuan agar akibat deformasi impactor yang seberat 950 kg tidak melebihi residual space sebagai titik acuan keamanan. Hasil simulasi tersebut Besar tingkat keamanan penumpang sesuai standar UN ECE R95 pada displacement rangka samping tidak melebihi dari 150 mm pada residual space, dengan menggunakan gusset hasilnya aman. Perbandingan kenaikan intrusi pada non gusset dan menggunakan gusset pada sambungan antara pilar samping dengan struktur lantai sebesar 88,24 % Besar penyerapan energi dengan melihat gaya dan energi tabrak pada bus coach 12 meter, pada non gusset dan menggunakan gusset yang memiliki penyerapan energi yang paling tinggi yaitu pada ukuran jenis profil 60 x 40 x 2,5 memiliki kenaikan penyerapan energi dengan nilai sebesar 14,88% . Sesuai kriteria kesalamatan berdasarkan standar UN ECE R95 dengan prinsip crashworthinees adalah deformasi stabil menimalisir adanya bukling, sobekan pada gusset dan diantara variasi gusset yang efektif adalah jenis gusset ukuran profil 60 x 40 x 2,5 mm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Tabrak samping, Karoseri bus
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:42
Last Modified: 28 Mar 2022 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49186

Actions (login required)

View Item View Item