PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SIMULASI SETTING MESIN CNC TURNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PEMBUBUTAN RATA


Ahmad Widianto, 5201416007 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SIMULASI SETTING MESIN CNC TURNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PEMBUBUTAN RATA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of AHMAD WIDIANTO 007 - Ahmad Widi - Copy.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan media audio visual pada kompetensi CNC Turning. Penggunaan media pembelajaran merupakan sarana yang menyajikan sebuah materi dalam pelajaran. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran berupa media audio visual yang mampu memberikan gambaran nyata terhadap materi yang disampaikan serta menjadi inovasi dan solusi dalam proses pembelajaran daring dalam masa pandemin Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi tanpa menyebarluaskan (Disseminate). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK IPT Karangpanas Semarang tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah responden 20 siswa untuk kelas XI TP 1 dan 21 siswa untuk kelas XI TP 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran audio visual yang dikembangkan layak untuk digunakan, penggunaan media audio visual yang digunakan lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kompetensi CNC Turning dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran bahan ajar, dan media pembelajaran audio visual praktis dalam penggunaan proses pembelajaran dengan hasil uji kepraktisan sebesar 78,73% dengan interprestasi “Praktis”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media audio visual, CNC Turning, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:58
Last Modified: 28 Mar 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49181

Actions (login required)

View Item View Item