Strategi Pembelajaran Vokal di Sekolah Tinggi Theologia Abdiel Ungaran Program Studi Musik Gereja Pada Mayor Vokal.

Wibowo, 2008 (2008) Strategi Pembelajaran Vokal di Sekolah Tinggi Theologia Abdiel Ungaran Program Studi Musik Gereja Pada Mayor Vokal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Strategi Pembelajaran Vokal di Sekolah Tinggi Theologia Abdiel Ungaran Program Studi Musik Gereja Pada Mayor Vokal.) - Published Version
Download (33Kb)

    Abstract

    Wibowo, Aji, Ripno .2008. Strategi Pembelajaran Vokal di Sekolah Tinggi Theologia Abdiel Ungaran Program Studi Musik Gereja Pada Mayor Vokal. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I : Drs. Slamet Haryono, M.Sn. Pembimbing II : Drs. Syahrul Syah Sinaga, M.Hum. Strategi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap baik buruknya hasil pembelajaran kelak, disinilah peran pembimbing ataupun pengajar dalam suatu lembaga pendidikan formal atau non formal yang sudah berpengalaman untuk menggunakan strategi pembelajaran yang memberi fasilitas kemudahan kepada anak didik agar dapat mencapai tujuan instruksional secara efektif, efisien, dan kondusif sesuai dengan kurikulum. Diibaratkan dengan menggunakan nominal yaitu dengan modal nilai lima atau enam mahasiswa dapat meningkat menjadi delapan bahkan sembilan setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dan strategi dari STT Abdiel Ungaran dengan baik tentunya. Karena tidak mudah bagi seorang pengajar untuk menggunakan strategi pembelajaran yang memberi fasilitas kemudahan kepada anak didik agar dapat mencapai tujuan instruksional secara efektif, efisien, dan kondusif sesuai dengan kurikulum. Hal inilah yang mendorong peneliti mengangkat tema Strategi Pembelajaran Vokal di Sekolah Tinggi Theologia Abdiel Ungaran Program Studi Musik Gereja pada Mayor Vokal. Manfaat penelitian ini adalah secara teoritis dan praktis.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran vokal di Strategi Pembelajaran Vokal di Sekolah Tinggi Theologia ( STT ) Abdiel Ungaran Program Studi Musik Gereja pada Mayor Vokal dan faktor yang mempengaruhi ( mendukung dan yang menghambat dalam strategi pembelajaran) baik dari pendidik maupun peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran Vokal di Sekolah Tinggi Theologia Abdiel Ungaran Program Studi Musik Gereja pada Mayor Vokal serta faktor yang mempengaruhi ( mendukung dan yang menghambat dalam strategi pembelajaran) baik dari pendidik maupun peserta didik? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif tentang “Strategi Pembelajaran Vokal di Sekolah Tinggi Theologia Abdiel Ungaran Program Studi Musik Gereja pada Mayor Vokal”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan diolah dan kemudian diseleksi atas dasar reabilitas dan validitasnya. keabsahan data diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data yang dimulai dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan verifikasi. Hasil penelitian menujukkan strategi pembelajaran vokal di Sekolah Tinggi Theologia Abdiel Ungaran Program Studi Musik Gereja pada Mayor Vokal adalah memberi fasilitas kemudahan kepada anak didik agar dapat mencapai tujuan instruksional secara efektif, efisien, dan kondusif sesuai dengan kurikulum. Dalam proses pembelajarannya dengan menerapkan metode ceramah, tanya jawab demonstrasi, drill, dan metode pemberian tugas, dengan melalui tiga tahapan yaitu sebelum, proses, dan sesudah proses pembelajaran. Untuk evaluasinya diadakan ujian tiap akhir semester baik teori maupun praktek dan di akhir semester delapan diadakan recital. Beberapa faktor yang mendukung strategi pembelajaran di STT Abdiel Ungaran yaitu dari kedekatan mahasiswa satu dengan yang lain dan terhadap dosen, adanya wajib tinggal di asrama sekaligus harus mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan. Latar belakang para dosen yang professional dan berkompeten juga salah satu faktor pendukung jalanya strategi pembelajaran yang baik, motifasi dosen kepada mahasiswa dan tak kalah pentingnya yaitu sarana dan prasarana yang menunjang. Faktor yang menghambat strategi pembelajaran vokal di STT Abdiel Ungaran yaitu adanya perbedaan kemampuan dasar vokal yang kurang dari beberapa mahasiswa untuk mengerti materi yang disampaikan dosen. Adanya jadwal perkuliahan yang selalu berubah karena disebabkan oleh banyaknya dosen tidak tetap yang mengajar di tempat lain juga merupakan salah satu dari faktor penghambat strategi pembelajaran vokal di STT Abdiel Ungaran, sehingga jadwal pemakaian ruang piano ikut berubah. Terkait dengan hasil penelitian tersebut penulis memberikan saran agar perlu adanya penyesuaian perlakuan dalam hal ini yaitu strategi pembelajaran yang digunakan terhadap mahasiswa yang masih kurang dalam menyerap materi yang diajarkan, misalnya dengan penambahan jam khusus diluar perkuliahan agar beberapa mahasiswa yang berkemampuan dasar kurang dapat sesuai dengan standar yang ditetapkan. Agar tidak terlalu kesulitan untuk menyusun jadwal sebaiknya perlu adanya perekrutan dosen tetap khususnya dosen pembimbing vokal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Sep 2011 22:44
    Last Modified: 28 Sep 2011 22:45

    Actions (login required)

    View Item