PENGARUH LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI, JUMLAH PENDUDUK DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI JAWA TIMUR PADA TAHUN 2014-2018


Febrianti Wahyuningrum, 7111416149 (2021) PENGARUH LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI, JUMLAH PENDUDUK DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI JAWA TIMUR PADA TAHUN 2014-2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111416149 - febrianti arum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang mempengarui IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Kab/Kota Provinsi Jawa Timur berdasarkan teori ekonomi. Provinsi Jawa Timur merupakan Provinsi di Indonesia tepatnya di Pulau Jawa yang mempunyai potensi untuk berkembang. Dapat dilihat dari besaran IPM Provinsi yang mengalami peningkatan setiap tahunnya, namun besaran IPM ini menjadikan Provinsi Jawa Timur sebagai Provinsi dengan IPM yang cukup rendah dibandingkan dengan IPM Provinsi lain yang ada di Pulau Jawa. Laju pertumbuhan ekonomi yang terjadi pada Provini Jawa Timur terjadi penurunan. Provinsi Jawa Timur memiliki jumlah penduduk yang padat sehingga menyebabkan pembangunan manusia tidak berjalan secara optimal. Data tingkat pengangguran terbuka Provinsi Jawa Timur cenderung fluktuatif pada tahun 2014-2018. Adanya Tingkat pengangguran menyebabkan kemakmuran masyarakat tidak maksimal sedangkan tujuan adanya pembangunan manusia adalah untuk menciptakan kesejahteran masyarakat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode ordinary least square dengan analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan gabungan antar data time series yaitu dari tahun 2014-2018 dan cross section 38 kabupaten atau kota di Provinsi Jawa Timur. Variabel yang digunakan adalah Laju Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Penduduk dan Tingkat Pengangguran Terbuka. Berdasarkan hasi penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa : Jumlah Penduduk memilikipengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) dan laju pertumbuhan ekonomi dan tingkat pengangguran terbuka tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Saran yang diberikan berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu : menciptakan lapagan pekerjaan yang baru, mengendalikan adanya pertumbuhan penduduk dan meningkatkan pelatihan bagi penduduk provinsi jawa timur, fokus kepada pengembangan perekonomian dan pembangunan yang merata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Laju Pertumbuhan Ekonomi, IPM, Jumlah Penduduk, Pengangguran Terbuka
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Mar 2022 02:47
Last Modified: 25 Mar 2022 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49177

Actions (login required)

View Item View Item