PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS AKTIF DALAM MENDUKUNG TERTIB ADMINISTRASI DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, DESA, KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI JAWA TENGAH


Mutoharoh, 7101415255 (2021) PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS AKTIF DALAM MENDUKUNG TERTIB ADMINISTRASI DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, DESA, KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415255 - mutoh bintii.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Arsip merupakan hasil rekaman, acuan dan bahan pertimbangan suatu keputusan. Pelaksanaan sistem pengelolaan arsip harus dapat diperhatikan mulai dari cara bagaimana mengolah arsip dengan baik dan benar, kegiatan pemeliharaan dan pengamanan arsip, serta fasilitas yang harus dimiliki demi mendukung kegiatan sistem pengelolaan arsip. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan arsip dinamis aktif di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan arsip dinamis aktif di kantor Dinas Pemberdayaan, Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah meliputi kegiatan penciptaan, pencatatan, penyimpanan, pemeliharaan, peminjaman, penemuan kembali dan penyusutan arsip dinamis aktif. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dinamis aktif pada masing masing bidang belum terlaksana dengan baik sesuai dengan standar yang efektif dan efisien. Pada pencatatan arsip dinamis aktif tidak dilakukan pencatatan ulang secara komputerisasi guna menjaga agar buku agenda hilang sewaktu-waktu dan supaya memudahkan dalam penemuan kembali arsip dinamis aktif. Prosedur penyimpanan arsip dinamis aktif belum sesuai teori penyimpanan karena tidak dilakukan penyimpanan secara klasifikasi dan tidak adanya buku daftar simpan arsip. Prosedur pemeliharaan arsip dinamis aktif tidak dilakukan pemeliharaan secara kimiawi hanya dilakukan pengecekan arsip dinamis aktif. Tahapan peminjaman arsip dinamis aktif belum sesuai dengan teori peminjaman karena dalam peminjaman tidak menggunakan kartu peminjaman arsip. Tahapan pemindahan arsip dinamis aktif dalam penyusutan tidak dilakukan pencatatan pada buku daftar pemindahan arsip serta tidak ada pedoman khusus dalam pemindahan arsip dinamis aktif ke depo arsip.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengelolaan, Arsip Aktif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Mar 2022 02:21
Last Modified: 25 Mar 2022 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49176

Actions (login required)

View Item View Item