PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERPENDEKATAN STEM PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA
Raudhatul Munawaroh, 4101416127 (2021) PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERPENDEKATAN STEM PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Model project based learning berpendekatan STEM adalah model pembelajaran menggunakan tugas proyek dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari dengan menggabungkan science, technology, engineering, dan mathematics. Model ini mengharuskan siswa mengerjakan proyek diluar jam pelajaran, menanyakan dan berdiskusi kendala dalam pengerjaan proyek di sekolah sehingga meningkatkan kemandirian belajar karena sebelum pembelajaran siswa sudah mempersiapkan pertanyaan untuk didiskusikan. Pengembangan model project based learning perpendekatan STEM dirasa perlu untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Kemampuan literasi siswa meningkat ditunjukan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang kontekstual. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan 4D Models atau Model 4P. Namun tidak semua langkah 4P dapat dilakukan karena dampak pandemi covid-19. Penelitian ini hanya melakukan tiga tahapan, yaitu 1) Pendefinisian (Define); 2) Perancangan (Design); dan 3) Pengembangan (Develop). Hasil uji kevalidan diperoleh bahwa perangkat pembelajaran silabus, RPP, LKS, bahan ajar, dan soal tes kemampuan literasi matematika berturut-turut mendapatkan rata-rata skor 4,62; 4,49; 4,59; 4,85; dan 4,47. Oleh karena itu, tingkat kevalidan model project based learning perpendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika dalam kategori sangat baik dan dapat digunakan dengan revisi sesuai saran validator. Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru terhadap model Project Based Learning berpendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika mendapatkan skor rata-rata 87,6% dalam kategori praktis. Hasil uji kepraktisan dari angket respon siswa terhadap model pembelajaran mendapatkan skor rata-rata 93,2 % dalam kategori sangat praktis. Hasil uji N-Gain terhadap kemampuan literasi matematika diperoleh hasil 0,55 pada kategori sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa model Project Based Learning berpendekatan STEM efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika dan meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Project Based Learning, STEM, Kemampuan Literasi Matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 07:58 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 07:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49171 |
Actions (login required)
View Item |