ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VIII BAB BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN KRITERIA BELL


Ariyana Ema Rahmawati, 4101416025 (2021) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VIII BAB BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN KRITERIA BELL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101416025 Skripsi - Ariyana Ema Rahmawati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks pelajaran menjadi sumber belajar yang penting dan strategis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, sehingga dapat mendukung tercapainya kompetensi sebagai tujuan pembelajaran. Materi yang terdapat dalam buku teks pelajaran tidak hanya harus benar, tetapi juga harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan jenis siswa. Apabila terdapat kesalahan dalam penyajian materi, akan berakibat fatal bagi guru dan siswa ataupun orang yang menggunakan buku tersebut. Karena itu, perlu adanya evaluasi/analisis terhadap kelayakan/kesesuaian materi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kesesuaian materi pada buku teks matematika kurikulum 2013 revisi tahun 2017 untuk siswa SMP/MTs kelas VIII semester 2 materi pokok bangun ruang sisi datar berdasarkan kriteria Bell, serta mengetahui besar persentase kesesuaian materinya. Dengan demikian fokus penelitian ini adalah (1) buku teks matematika kurikulum 2013 revisi tahun 2017 untuk siswa SMP/MTs kelas VIII Semester 2; (2) materi pokok bahasan bangun ruang sisi datar; (3) kriteria Bell yang yang berhubungan dengan materi matematika, terdiri dari 21 indikator pertanyaan; dan (4) analisis materi berdasarkan kriteria Bell serta memberikan perbaikan terhadap data yang tidak sesuai sebagai masukan guna perbaikan buku. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku teks matematika yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai implementasi Kurikulum 2013 yang berjudul Matematika Kelas VIII SMP/MTs Semester 2 edisi revisi 2017. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Angket digunakan pada proses validasi instrumen analisis kesesuaian materi buku matematika yang akan diberikan pada validator, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data persentase skor kesesuaian materi untuk bab bangun ruang sisi datar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian buku teks matematika berdasarkan kriteria Bell yang terdiri dari 21 indikator pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang dianalisis termasuk dalam kategori sangat baik, dengan perolehan persentase kesesuaian materi bangun ruang sisi datar sebesar 86,9%. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa kesesuaian materi bangun ruang sisi datar pada buku teks matematika kurikulum 2013 revisi tahun 2017 untuk siswa SMP/MTs kelas VIII semester 2 sudah memenuhi kriteria Bell yang berhubungan dengan materi matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku, Bangun Ruang Sisi Datar, Kriteria Bell
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Mar 2022 07:48
Last Modified: 24 Mar 2022 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49170

Actions (login required)

View Item View Item