PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF VISUAL BASIC FOR APPLICATION POWERPOINT MEMBACA AKSARA JAWA KELAS XI SMK


Risky Amelia Firdaus, 2601416082 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF VISUAL BASIC FOR APPLICATION POWERPOINT MEMBACA AKSARA JAWA KELAS XI SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601416082 - Risky Amelia F.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif Visual Basic for Application PowerPoint ini berfungsi sebagai media untuk menunjang pembelajaran membaca aksara Jawa. Hal tersebut disebabkan oleh media pembelajaran aksara Jawa masih minim dan kurang bervariasi. Di samping itu, sistem pembelajaran daring membuat siswa lebih mudah bosan sehingga media interaktif yang inovatif dan menarik diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa serta memudahkan siswa dalam memahami materi dan meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa. Tujuan dari penelitian ini, diantaranya: (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa dalam pengembangan media interaktif Visual Basic for Application PowerPoint pada materi aksara Jawa siswa Kelas XI SMK, (2) mengetahui prototipe pengembangan media interaktif Visual Basic for Application PowerPoint pada materi aksara Jawa siswa Kelas XI SMK, dan (3) mengetahui uji validasi pengembangan media interaktif Visual Basic for Application PowerPoint pada materi aksara Jawa siswa Kelas XI SMK. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Jawa kelas XI SMK Bhakti Mulia Pare. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) media interaktif dibutuhkan oleh siswa dan guru untuk membantu agar lebih terampil membaca aksara Jawa, (2) prototipe media interaktif berbasis Visual Basic for Application PowerPoint untuk membaca aksara Jawa yang berbentuk dalam format file PowerPoint Macro-Enabled Slide Show (ppsm.) yang berisi beberapa menu, meliputi: Pituduh, Kompetensi Dasar lan Indikator, Materi, dan Gladhen 1 dan 2 yang berupa kuis edukatif yang dikemas dengan tampilan yang menarik dan bervariasi, (3) penilaian prototipe media interaktif berbasis Visual Basic for Application PowerPoint oleh ahli media dan ahli materi dapat disimpulkan termasuk dalam kategori cukup layak/valid untuk digunakan namun perlu beberapa perbaikan untuk menyempurnakan media interaktif berbasis Visual Basic for Application PowerPoint. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran yang dapat disampaikan adalah media interaktif berbasis Visual Basic for Application PowerPoint dapat diujicoba kepada siswa sehingga memberi suasana belajar yang baru dan menyenangkan serta untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran ini, selain itu diperlukan penelitian yang serupa untuk menambah variasi media pembelajaran membaca aksara Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Visual Basic for Application, Aksara Jawa.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Mar 2022 05:19
Last Modified: 24 Mar 2022 05:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49166

Actions (login required)

View Item View Item