PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF “HATARAKU” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES MATERI BIJINESU NIHONGO


Zahra Ul Hasanah, 2302415044 (2021) PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF “HATARAKU” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES MATERI BIJINESU NIHONGO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302415044 - Zahra Ul Hasanah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bentuk kerjasama Jepang dengan Indonesia salah satunya adalah investasi perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia yang turut menyumbang lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat Indonesia. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Jepang dan pemahaman mengenai budaya dan etika bisnis Jepang, dapat memperluas kesempatan kerja para pembelajar bahasa Jepang. Oleh karena itu untuk membekali pembelajarnya dengan wawasan tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES memfasilitasi dengan menyediakan mata kuliah Bijinesu Nihongo yang khusus mempelajari bahasa Jepang bisnis. Pada mata kuliah ini, ditemukan adanya kesulitan yang dialami oleh mahasiswa khususnya pada penggunaan keigo dan ungkapan-ungkapan formal di situasi bisnis. Sebagai upaya untuk mengatasi hal tersebut, pada penelitian ini dikembangkan media game interaktif “Hataraku” sebagai media pembelajaran materi Bijinesu Nihongo. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana prototipe media game interaktif “Hataraku” sebagai media pembelajaran bahasa Jepang materi Bijinesu Nihongo?, dan (2) Bagaimana penilaian ahli terhadap desain media game interaktif “Hataraku”sebagai media pembelajaran bahasa Jepang materi Bijinesu Nihongo?Penelitian ini merupakan penelitian R&D meliputi lima tahapan: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi desain. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket. Pada penelitian ini digunakan instrumen penelitian yaitu angket kebutuhan dan angket validasi. Data pada penelitian ini yaitu data kualitatif berupa gambaran media pembelajaran Bijinesu Nihongo yang sudah ada, kebutuhan dosen dan mahasiswa terhadap media pembelajaran game interaktif“Hataraku”, dan desain prototipe media. Data tersebut disajikan dalam bentuk narasi dan tabel. Sedangkan data yang berupa penilaian oleh ahli dianalisis dengan cara menghitung menggunakan teknik persentase.Media ini dikemas dalam platformAndroid dan Windows untuk memudahkan pengguna dalam mengakses. Media ini memuat materi dan latihan Bijinesu Nihongo yang telah disesuaikan dengan materi Bijinesu NihongoProdi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES. Penilaian prototipe media game interaktif “Hataraku” dilakukan oleh satu ahli materi dan satu ahli media. Hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh nilai 77.50%, dan penilaian oleh ahli media diperoleh hasil 71.15%, dengan nilai rata-rata 74.32% yang termasuk ke dalam kategori baik. Media dinyatakan layak dengan revisi sesuai saran oleh kedua ahli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bijinesu Nihongo, media pembelajaran, game interaktif.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:16
Last Modified: 24 Mar 2022 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49159

Actions (login required)

View Item View Item