EVALUASI KUALITAS LEARNING OBJECT MATA PELAJARAN BIOLOGI BALAI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN


Fatkha Karinda Putri, 1102416066 (2021) EVALUASI KUALITAS LEARNING OBJECT MATA PELAJARAN BIOLOGI BALAI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102416066 - Fatkha Karinda Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan tentunya juga berpengaruh pada proses pembelajaran. Meningkatkan keefektivan dan keefisien dalam proses pembelajaran maka perlu diciptakannya proses pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dengan adanya perkembangan tentunya pemerintah juga ikut meluncurkan berbagai inovasi guna menyeimbangi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.Jateng Pintar menyajikan media pembelajaran yang ditujukan khusus untuk peserta didik Sekolah Menengah Atas dengan format media berbentuk Learning Object (LO).Rumusan masalah penelitian ini meliputi bagaimana proses pengembangan dan bagaimana kualitas LO “Uji Zat Makanan” dan “Sistem Pernafasan pada Manusia” yang dikembangkan oleh BPTIK Dikbud Jateng. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis isi (Content Analysis) dengan tujuan peneltitian untuk mengetahui kualitas learning object BPTIK Dikbud Jateng sudah sesuai dengan KD mata pelajaran biologi Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumen. Informan penelitian meliputi empat orang yang terdiri atas dua orang penulis naskah sekaligus pengembang media, dua orang pengkaji media dari tim BPTIK Dikbud Jateng. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik berarti mengecek drajat kepercayaan beberapa teknik pengumpulan data serta beberapa sumber daya dengan metode yang sama dan triangulasi sumber berarti membandingkan dan mengecek ulang drajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan LO “Uji Zat Makanan” menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analys, design, development, implementation, dan evaluation. Proses pengembangan LO “Sistem Pernafasan pada Manusia” menggunakan model pengembangan 4D (Four D) terdiri dari empat tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Secara keseluruhan, kompetensi dasar dan uraian materi dalam LO BPTIK Dikbud Jateng sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Kompetensi dasar LO “Uji Zat Makanna” sesuai dengan KD 4.7, kompetensi dasar LO “Sistem Pernafasan pada Manusia” sesuai dengan KD 3.8. Namun ditemukan kesalahan pada tiap learning object, kesalahan di LO “Uji Zat Makanan” meliputi kesalahan penulisan kemudian kesalahan di LO “Sistem Pernafasan pada Manusia” meliputi kesalahan pemilihan diksi dan kesalahan bugs system program.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Learning Object, Kualitas Media
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:54
Last Modified: 23 Mar 2022 07:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49154

Actions (login required)

View Item View Item