STRATEGI PEMASARAN PRODUK SASIRANGAN MENGGUNAKAN FOTOGRAFI DI SMK NEGERI 1 BANJARBARU


Istifaqotul Himmah, 1102416054 (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SASIRANGAN MENGGUNAKAN FOTOGRAFI DI SMK NEGERI 1 BANJARBARU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102416054 - Istifaqotul Himmah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tugas akhir materi strategi pemasaran yaitu memasarkan dan mengenalkan karya siswa pada kegiatan pameran yang diadakan sekolah setiap tahunnya. Model bentuk ini akan mempersempit lingkup pemasaran dan pengenalan produk siswa. Sekarang kegiatan pameran karya siswa ditiadakan karena adanya pandemi covid�19. Untuk mengatasinya dibutuhkan media, salah satunya yaitu media digital. Salah satu poin menggunakan media digital yaitu pada kualitas foto, sehingga fotografi sangat dibutuhkan. Perkembangan teknologi sangat memudahkan dalam pengambilan gambar yang bagus tanpa menggunakan kamera digital maupun analog, namun juga bisa menggunakan kamera bawaan dari gawai pribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) perencanaan dan strategi pelaksanaan program pembelajaran dengan implementasi teknik fotografi; dan 2) hasil pelaksanaan program pembelajaran menggunakan teknik fotografi. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan yang digunakan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah tetap dan sesuai dengan perencanaan pembelajaran dalam lingkup pendidikan khususnya di sekolah; 2) Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi instruksional. Sistem peluncuran menggunakan metode demonstrasi dan tutorial, media kamera bawaan gawai dan laptop dan waktu selama 45 menit. Strategi instruksional yang digunakan efektif dan efisien; 3) Hasil dan pengaruh program pembelajaran yang didapatkan dalam pelaksanaan implementasi teknik fotografi dalam pembelajaran yaitu penggunaan teknik fotografi dalam dunia pendidikan sangat diperlukan, karena teknik fotografi efektif digunakan sebagai alat visual dalam dunia pendidikan. Implementasi teknik fotografi dalam pelaksanaannya sesuai dengan perencanaan program pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran khususnya dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hal tersebut dapat memberikan makna yang positif terhadap siswa dalam meningkatkan pola cara berpikir yang kreatif dan inovatif pada pengetahuan serta keterampilan teknik fotografi yang bermanfaat dalam pengembangan keterampilan bagi siswa lulusan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Sasirangan, Fotografi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:42
Last Modified: 23 Mar 2022 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49153

Actions (login required)

View Item View Item