Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif Watuagung


Muhamad Sinwan, 0104516018 (2021) Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif Watuagung. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0104516018 - sin one.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini seluruh dunia sedang dikejutkan dengan wabah virus corona atau Covid-19. WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa virus ini merupakan pandemi dunia, hal ini memaksa dunia pendidikan khususnya di Indonesisa menerapkan model pembelajaran daring untuk memutus rantai penyebaran virus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus dalam arti penelitian difokuskan pada satu fenomena saja. Sumber data dalam penelitian ini adalah data hasil kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran daring memanfaatkan grup whatsapp yang beranggotakan guru kelas, siswa dan/atau orang tua/wali murid dengan media handphone. Guru mengirimkan materi dan penugasan melalui grup whatsapp. Selain itu guru juga menjadwal untuk melakukan sistem home visit terhadap siswanya. Adapun pendukung pelaksanaan pembelajaran daring diantaranya: semua guru sudah memiliki handphone dan mampu mengoperasikan aplikasi whatsapp, tersedianya akses wifi di sekolah, akan tetapi masih ditemukan beberapa hal yang menghambat pelaksanaan pembelajaran daring diantaranya: masih ada beberapa yang yang terkendala jaringan internet karena tempat tinggal di desa, baik dari sisi guru maupun para siswa, dan tidak semua siswa memiliki handphone, beberapa mengandalkan handphone orang tua dalam memperoleh materi dari guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Pandemi, Covid-19
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Mar 2022 04:54
Last Modified: 21 Mar 2022 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49144

Actions (login required)

View Item View Item