TARI DENOK WIDURI DI SANGGAR TARI SRIMPI KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG


Tri Indah Dewi Patimah, 2501413169 (2020) TARI DENOK WIDURI DI SANGGAR TARI SRIMPI KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501413169 - Tri indah Dewi patimah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Daerah di Indonesia memiliki kesenian yang menunjukan sifat etnik daerahnya dan menjadi identitas daerah tersebut. Darah pemalang merupakan daerah pesisir, orang-orangnya terknal enerjik yang dituangkan dalam bentuk kesenian berupa seni tari. Sebuah tari tidak terlepas dari proses dan bentuk, oleh karena itu masalah yang di teliti adalah bagaimana Bentuk tari Denok Widuri di kabupaten Pemalanag. Tujuan yang akan dicapai untuk memahami, mengetahui, dan mendiskripsikan Bentuk Tari Denok Widuri. Penelitian ini menggunakan metode kalitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan tari Denok Widuri adalah Tari Denok Widuri adalah tarian yang menggambarkan keceriaan gadis-gadis remaja pesisiran Kabupaten Pemalang, dengan ragam gerak yang dinamis, energik dan ekspresif, Penuh semangat serta penjiwaan yang murni (Lugu dan Jujur).Tari Denok Widuri juga menggambarkan karakter gadis-gadis remaja di daerah pesisiran Kabupaten Pemalang dalam berinteraksi sosial (ada damai, ada cita-cita, dan ada mesra cinta).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tari dan Bentuk Koreografi Tari Denok Widuri di Sanggar Tari Srimpi Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang.
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:17
Last Modified: 17 Mar 2022 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49139

Actions (login required)

View Item View Item