Inquiry By Design Argumentation Activity Melatihkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Fisika


Siswanto, - and Asriyadin, - and Yusiran, - and Bambang Subali, FMIPA Pendidikan Fisika (2017) Inquiry By Design Argumentation Activity Melatihkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Fisika. Gravity, 3 (1). ISSN 2442-515X

[thumbnail of INQUIRY BY DESIGN ARGUMENTATION ACTIVITY MELATIHKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA.pdf] PDF - Published Version
Download (540kB)
[thumbnail of Review Inquiry By Design Argumentation Activity Melatihkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Fisika.pdf] PDF - Published Version
Download (971kB)

Abstract

Gagasan dikembangkannya desain pembelajaran inkuiri yang menggunakan kegiatan argumentasi adalah untuk merancang sebuah inovasi pembelajaran yang lebih memudahkan siswa dalam menguasai kemampuan kognitif pada pembelajaran fisika. Pengembangan desain pembelajaran ini diawali dengan melakukan studi pendahuluan di beberapa sekolah di kabupaten Bima. Studi pendahuluan dilakukan dengan melakukan tes kepada beberapa siswa, lalu melakukan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa secara umum masih rendah, terutama pada aspek menerapkan (C3) dan menganalisis (C4). Berdasarkan hasil studi pendahuluan tersebut, maka disusun desain pembelajaran inkuiri menggunakan kegiatan argumentasi. Tahapan pembelajarannya yaitu (1) mengidentifikasi masalah untuk diselidiki, (2) merumuskan hipotesis menggunakan kegiatan argumentasi, (3) melakukan eksperimen dengan model eksperimen inkuiri yang dipadukan dengan setting argumentasi, (4) melakukan analisis data dengan panduan lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri yang di setting argumentasi, (5) mengkomunikasikan hasil analisis menggunakan kegiatan argumentasi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: inquiry, argumentation activity, cognitive ability
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:10
Last Modified: 17 Mar 2022 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49137

Actions (login required)

View Item View Item