PENGEMBANGAN APLIKASI ANIMASI DUA DIMENSI MENGENAL TRANSPORTASI DI RA AL KAMIL GUNUNGPATI SEMARANG


Hirzanun Nafi’ Kusuma, 1102416077 (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI ANIMASI DUA DIMENSI MENGENAL TRANSPORTASI DI RA AL KAMIL GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102416077 - Hirzanun Nafi' Kusuma.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang berkembang pesat seiring dengan berjalannya waktu, seperti halnya dengan dunia pendidikan dalam pengembangan sebuah media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar terutama pada tingkat pendidikan Tanam Kanak�Kanak (TK). Media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi yang diberikan kepada siswa. Setelah melakukan analisis oleh peneliti di RA Al Kamil Gunungpati Semarang diketahui bahwa proses pembelajaran pada sekolah tersebut masih menggunakan metode konvensional dan kurang menarik sehingga berdampak pada ketidakpahaman siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan dan keefektifan media pembelajaran animasi dua dimensi mengenal transportasi di RA Al Kamil Gunungpati Semarang. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Objek dalam penelitian ini adalah peserta didik RA Al Kamil Gunungpati Semarang. Hasil penelitian pengembangan animasi dua dimensi mengenal transportasi dari uji kelayakan media oleh dua ahli media memperoleh hasil dengan kriteria sangat baik pada semua aspek yaitu aspek desain tampilan, aspek audio, aspek aniamsi, dan aspek kemudahan penggunaan media dengan rata-rata prosentase sebesar 96,87%. Sedangkan dari hasil uji kelayakan oleh dua ahli materi memperoleh hasil dengan kriteria sangat baik pada semua aspek yaitu aspek sesuaian materi dan kesesuaian bahasa dengan rata-rata presentase 82,43%. Dari hasil uji t diperoleh Thitung 0,4315 yang lebih besar dari Ttabel yaitu 0,220. Thitung > Ttabel, berarti terdapat perbedaan rerata antara nilai pretest dan rata-rata nilai posttest maka terima Ha dan tolak Ho. Sedangkan Hasil keefektifan dengan uji n-gain memperoleh skor 0,6944 atau 69,44% maka gain score berada dalam rentang 0,3 ≤ g ≤ 0,7 atau 30% ≤ g ≤ 70% atau masuk ke dalam kategori sedang, maka Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan animasi dua dimensi mengenal transportasi layak untuk digunakan dan efektif dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa kelompok B pada materi transportasi di RA Al Kamil Gunungpati Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Animasi, Media, Pengembangan, Transportasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:06
Last Modified: 17 Mar 2022 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49136

Actions (login required)

View Item View Item