HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 PGSD FIP UNNES


Praditya Aan Kurniawan, 1401413474 (2019) HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 PGSD FIP UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413474 - Praditya Aan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu sikap dalam kompetensi kepribadian yang perlu dikembangkan sesuai dengan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 adalah kepercayaan diri seorang guru. Sedangkan kompetensi sosial yang merupakan kemampuan guru dalam berkomunikasi secara efektif dengan seluruh elemen pendidikan di sekolah erat kaitannya dengan kompetensi interpersonal. Pada lingkup mahasiswa PGSD FIP UNNES yang nantinya akan menjadi seorang guru, minat baca dan kebiasaan membacanya tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menemukan hubungan antara minat baca dan kebiasaan membaca terhadap kemampuan Public Speaking mahasiswa angkatan 2015 PGSD FIP UNNES. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 283 siswa. Pengambilan sampel dengan proportional random sampling diperoleh 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi product moment dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat baca mahasiswa angkatan 2015 PGSD FIP UNNES berada pada tingkat kategori rendah dengan skor rata�rata sebesar 80,99. Kebiasaan membaca mahasiswa angkatan 2015 PGSD FIP UNNES berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 85,88. Kemampuan Public Speaking mahasiswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor sebesar 94,74, (2) hubungan minat baca dan kebiasaan membaca sebesar 58% dan nilai rhitung sebesar 0,764 dengan nilai signifikansi 0,05; (3) hubungan lingkungan teman sebaya dengan motivasi belajar siswa sebesar 56% dan nilai rhitung sebesar 0,747 dengan nilai signifikansi 0,05. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan kebiasaan membaca pada mahasiswa angkatan 2015 PGSD FIP UNNES. Saran dalam penelitian ini yaitu mahasiswa dapat berkontribusi aktif dan meningkatkan minat serta kebiasaan membacanya sehingga kemampuan Public Speakingnya juga semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan membaca, minat baca, Public Speaking.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:57
Last Modified: 17 Mar 2022 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49134

Actions (login required)

View Item View Item