PERAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN PERENCANAAN DAN PEMANFAATAN RUANG MENUJU DESA WISATA LEREP (STUDI DI DESA LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG)


VIRA APRILLIA SANTOSO, 8111417290 (2021) PERAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN PERENCANAAN DAN PEMANFAATAN RUANG MENUJU DESA WISATA LEREP (STUDI DI DESA LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111417290 - Vira Aprillia Santoso.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Desa Lerep adalah salah satu Desa yang berada di Kabupaten Semarang. Desa Lerep merupakan Desa Wisata maju dengan potensi wisata yang melimpah. Peran masyarakat dalam kegiatan perencanaan dan pemanfaatan ruang dianggap sebagai suatu hal yang penting karena masyarakat adalah sebagai pihak yang bersinggungan langsung dengan tata ruang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah masyarakat Desa Lerep telah terlibat dalam kegiatan perencanaan dan pemanfaatan ruang di Desa Lerep yang telah menjadi Desa Wisata maju. Fokus dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Pelaksanaan peran masyarakat Desa Lerep dalam kegiatan perencanaan ruang menuju desa wisata, dan 2). Pelaksanaan peran masyarakat Desa Lerep dalam kegiatan pemanfaatan ruang menuju desa wisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Jenis dan sumber data penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Data diperoleh melalui wawancara bersama narasumber dan studi kepustakaan dari Undang-undang atau peraturan lainnya, buku-buku, jurnal dan sumber ilmiah lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan peran masyarakat Desa Lerep dalam kegiatan perencanaan ruang adalah masyarakat merasa belum dilibatkan pada proses perencanaan tata ruang. Hal ini dikarenakan DPU sebagai dinas yang membidangi tata ruang di Kabupaten Semarang, dalam melakukan konsultasi publik hanya dengan mengundang perwakilan masyarakat saja, bukan dengan seluruh masyarakat. Maka dari itu, masyarakat seringkali tidak mengetahui tentang hak dan kewajibannya dalam perencanaan tata ruang. Sedangkan untuk pelaksanaan peran masyarakat Desa Lerep dalam kegiatan pemanfaatan ruang, masyarakat telah secara aktif berperan dalam pemanfaatan ruang yang ada di Desa Lerep sebagai kawasan pusat pengembangan dengan potensi daya tarik wisata. Masyarakat berpartisipasi dengan cara turut serta dalam kegiatan musyawarah ataupun dalam kegiatan pembangunan potensi wisata yang ada di Desa Lerep.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Masyarakat; Perencanaan; Pemanfaatan Ruang.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:32
Last Modified: 17 Mar 2022 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49125

Actions (login required)

View Item View Item