Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII


I Iswatun, - and M Mosik, - and Bambang Subali, FMIPA Pendidikan Fisika (2017) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3 (2). pp. 150-160. ISSN 2477-4820

[thumbnail of Review Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII.pdf] PDF - Published Version
Download (923kB)
[thumbnail of Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII.pdf] PDF - Published Version
Download (713kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) dan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing serta untuk mengetahui korelasi KPS terhadap hasil belajar kognitif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain control group pretest posttest. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Pembelajaran inkuiri terbimbing diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan Direct Instruction (DI) diterapkan pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan KPS kelas eksperimen sebesar 0,52 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,33. Pada penelitian ini, aspek kete�rampilan proses sains yang memperoleh hasil optimal adalah aspek observasi, mengukur, melakukan percobaan, dan komunikasi. Peningkatan hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 0,53 sedang�kan kelas kontrol sebesar 0,38. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa peningkatan kelas eksperimen baik KPS maupun hasil belajar kognitif lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan bahwa KPS memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan hasil output korelasi pearsonr(35)=0,554; . Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan KPS dan hasil belajar kognitif siswa serta memberikan pengaruh positif antara KPS terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:21
Last Modified: 17 Mar 2022 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49123

Actions (login required)

View Item View Item