PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus di Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang)


Nurul Ma’rufin, 5401416025 (2021) PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus di Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401416025 - Nurul Ma'rufin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia adalah negara berkembang diantara negara-negara Asia lain pada umumnya. Krisis multidimensi menjadikan Indonesia berpotensi menetaskan berbagai masalah patologi sosial, dinamika, dan problem sosial lainnya. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai program penanggulangan kemiskinan. Oleh karena itu, dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan dibidang perlindungan sosial, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan Program Keluarga Harapan (PKH). Dalam hal ini, Unit Pelaksana ProgramKeluarga Harapan sebagai unit pengelola PKH yang dibentuk baik dari pusat dan daerah merekrut pendamping PKH melalui proses seleksi dan pelatihan untuk melaksanakan tugas pendampingan KSM(Keluarga Sangat Miskin) yang berperan sangat penting dalam sistem perlindungan sosial dan percepatan penanggulangan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendampingan program keluarga harapan yang dilaksanakan di Desa Adipuro Kecamatan Kaliangkrik kabupaten magelang tahun 2020 terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan metode survey. Statistik deskriftif digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan hasil. Penelitian ini bersifat ex-post facto yaitu penelitian yang mengungkap data tanpa memberikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Data diperoleh dengan teknik kuisoner, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian data hasil penelitian dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t sebagai pengujian hipotesis. Peran pendamping masyarakat melalui Program Keluarga Harapan (PKH), adalah peran seseorang yang menjadikan dirinya sebagai mediator, fasilitator, pendidik, sekaligus sebagai perwakilan bagi masyarakat. Terdapat pengaruh yang signifikan antara peran pendamping terhadap tingkat kesejahteraan keluarga di Desa Adipura Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Besar pengaruh peran pendamping PKH terhadap kesejahteraan keluarga di Desa Adipuro Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang ini sebesar 34,6% sedangkan 65,4% dipengaruhi variabel lainnya. Peran pendamping PKH harus terus ditingkatkan demi pelaksanaan program yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Pendamping, PKH, Kesejahteraan Keluarga
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY1 Kesejahteraan Keluarga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 16 Mar 2022 08:15
Last Modified: 16 Mar 2022 08:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49111

Actions (login required)

View Item View Item