PILARISASI BENTONIT MENGGUNAKAN OKSIDA LOGAM Ti DAN Zr SECARA SONIFIKASI SEBAGAI KATALIS PADA KONVERSI ASAM OLEAT MENJADI METIL OLEAT


Nova Dwi Enjelina Purba, 4311416050 (2021) PILARISASI BENTONIT MENGGUNAKAN OKSIDA LOGAM Ti DAN Zr SECARA SONIFIKASI SEBAGAI KATALIS PADA KONVERSI ASAM OLEAT MENJADI METIL OLEAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4311416050 - Nova Dwi Enjelina Purba.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bentonit merupakan salah satu material yang dapat dijadikan sebagai penyangga katalis. Salah satu katalis yang sedang dikembangkan saat ini adalah bentonit terpilar logam secara sonifikasi sebagai katalis heterogen, yang digunakan dalam proses esterifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sonifikasi pada proses pilarisasi bentonit terhadap sifat fisikokimia dari katalis yang akan diaplikasikan pada proses esterifikasi asam oleat menjadi metil oleat. Logam pemilar yang digunakan pada penelitian ini adalah zirconium (Zr) dan titanium (Ti). Dan proses pilarisasi bentonit dilakukan dengan teknik ultrasonifikasi dengan variasi amplitudo 30, 50 dan 70% selama 20 menit. Hasil pilarisasi kemudian dianalisis katalisnya menggunakan SAA, XRD, TPD-NH3, dan SEM. Dari hasil analisis SAA diperoleh penambahan luas permukaan dan volume pori yang lebih besar pada katalis yang disonifikasi dibandingkan dengan bentonit yang dipilar tanpa sonifikasi. Hasil analisis XRD menunjukkan pergeseran sudut 2 theta ke arah yang lebih kecil pada bentonit yang telah dipilarisasi sehingga mengakibatkan peningkatan jarak basal dan munculnya puncak karakterisasi dari ZrO2, TiO2 (anatase), dan TiZrO4. Hasil analisis total keasaman dilakukan dengan menggunakan instrumen TPD-NH3 diperoleh hasil total keasaman pada katalis yang disonifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan bentonit yang dipilarisasi tanpa sonifikasi. Dan hasil analisis SEM yang diperoleh menunjukkan bahwa proses sonifikasi dapat memisahkan gumpalan partikel sehingga mengakibatkan ukuran menjadi lebih kecil di bawah beberapa ratus mikrometer dan membuat partikel lebih homogen. Selanjutnya dilakukan uji aktivitas katalis yang diaplikasikan pada reaksi esterifikasi asam oleat menjadi metil oleat untuk mendapatkan konversinya pada waktu 3 jam dengan pemanasan suhu 150 °C. Nilai maksimum konversi asam oleat yang diperoleh adalah sebesar 62,66% yaitu pada katalis Ti/PILC 70%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentonit, Pilarisasi, Sonifikasi, Esterifikasi.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:42
Last Modified: 16 Mar 2022 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49106

Actions (login required)

View Item View Item