Sifat – sifat cahaya dalam discovey learning untuk meningkatkan keterampilan sains
Silva Nadhifatul A’yun, - and Bambang Subali, FMIPA Pendidikan Fisika (2018) Sifat – sifat cahaya dalam discovey learning untuk meningkatkan keterampilan sains. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24 (2). pp. 75-79. ISSN 2406-9205
PDF
- Published Version
Download (438kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (968kB) |
Abstract
Sifat-sifat Cahaya dalam Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan melibatkan peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas V SD Negeri Tambakroto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy exsperimental design) dan desain penelitian menggunakan control group pretest and posttest. Instrumen yang digunakan berupa soal tes untuk pemahaman kognitif dan lembar observasi untuk keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,14 se�dangkan kelas kontrol hanya mencapai 66,54 yang dianalisis menggunakan uji-t dengan perolehan thitung = 3,026 > ttabel = 2,007. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas ekspe�rimen dengan kelas kontrol. Adapun hasil observasi keterampilan proses sains pada kelas eksperimen di�peroleh presentase rata-rata pra tindakan yaitu 50% dan pada saat tindakan sebesar 78,33% mengalami peningkatan sebesar (< g = 0,56 >) dalam kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa model dis�covery learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, natural science learning outcome, science process skills |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 03:41 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 03:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49087 |
Actions (login required)
View Item |