Sifat – sifat cahaya dalam discovey learning untuk meningkatkan keterampilan sains


Silva Nadhifatul A’yun, - and Bambang Subali, FMIPA Pendidikan Fisika (2018) Sifat – sifat cahaya dalam discovey learning untuk meningkatkan keterampilan sains. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24 (2). pp. 75-79. ISSN 2406-9205

[thumbnail of Sifat – sifat cahaya dalam discovey learning untuk meningkatkan keterampilan sains.pdf] PDF - Published Version
Download (438kB)
[thumbnail of Review Sifat – sifat cahaya dalam discovey learning untuk meningkatkan keterampilan sains.pdf] PDF - Published Version
Download (968kB)

Abstract

Sifat-sifat Cahaya dalam Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan melibatkan peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas V SD Negeri Tambakroto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy exsperimental design) dan desain penelitian menggunakan control group pretest and posttest. Instrumen yang digunakan berupa soal tes untuk pemahaman kognitif dan lembar observasi untuk keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,14 se�dangkan kelas kontrol hanya mencapai 66,54 yang dianalisis menggunakan uji-t dengan perolehan thitung = 3,026 > ttabel = 2,007. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas ekspe�rimen dengan kelas kontrol. Adapun hasil observasi keterampilan proses sains pada kelas eksperimen di�peroleh presentase rata-rata pra tindakan yaitu 50% dan pada saat tindakan sebesar 78,33% mengalami peningkatan sebesar (< g = 0,56 >) dalam kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa model dis�covery learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: discovery learning, natural science learning outcome, science process skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:41
Last Modified: 16 Mar 2022 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49087

Actions (login required)

View Item View Item