Implementasi Alat Praktikum Pembiasan Cahaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA


Fitriyah, - and Imam Sumpono, - and Bambang Subali, FMIPA Pendidikan Fisika (2018) Implementasi Alat Praktikum Pembiasan Cahaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 7 (3). ISSN 2252-6935

[thumbnail of IMPLEMENTASI ALAT PRAKTIKUM PEMBIASAN CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA.pdf] PDF - Published Version
Download (976kB)
[thumbnail of Review Implementasi Alat Praktikum Pembiasan Cahaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA.pdf] PDF - Published Version
Download (986kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi alat praktikum pembiasan cahaya untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di MAN 2 Rembang. Sampel yang digunakan adalah dua kelas, yaitu XI MIA 2 (kelas eksperimen) dan XI MIA 3 (kelas kontrol). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Hasil penelitian ini menunjukkan kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat pada aktivitas siswa saat praktikum, yaitu untuk kelas ekperimen mendapat nilai sebesar 94,5%, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 86,5%. Selain dari aktivitas siswa saat praktikum, implementasi alat praktikum pembiasan cahaya juga berpengaruh terhadap hasil kognitif siswa. Berdasarkan hasil analisis uji N-gain, untuk kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen didapatkan nilai 0,60, sedangkan untuk kelas kontrol didapatkan nilai 0,53. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi alat praktikum pembiasan cahaya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Practical Tools, Refraction Of Light, Problem-Solving Ability
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 16 Mar 2022 02:57
Last Modified: 16 Mar 2022 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49078

Actions (login required)

View Item View Item