Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA melalui Model Quantum learning One Day One Question Berbasis Daily Life Science Question


Muhammad Kamal Majdi, - and Bambang Subali, FMIPA Pendidikan Fisika and Sugianto, - (2018) Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA melalui Model Quantum learning One Day One Question Berbasis Daily Life Science Question. Unnes Physics Education Journal, 7 (1). ISSN 2252-6935

[thumbnail of Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA melalui Model Quantum learning One Day One Question Berbasis Daily Life Science Question.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Review Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA melalui Model Quantum learning One Day One Question Berbasis Daily Life Science Question.pdf] PDF - Published Version
Download (913kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model quantum learning one day one question berbasis daily life science question terhadap kemampuan komunikasi ilmiah siswa serta besar peningkatannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu true experimental design dengan tipe pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling di SMA Negeri 13 Semarang dengan kelas yang diambil sebagai sampel yaitu kelas X-MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X-MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan penugasan pembuatan esai sederhana secara berkala dengan delapan indikator penilaian, yaitu: variasi sumber, kualitas sumber, relevansi, kualitas tulisan, representasi visual, keefektifan judul, penyusunan daftar pustaka, dan istilah dan kebahasaan. Quantum learning one day one question berbasis daily life science question berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi ilmiah tulis siswa dengan besar peningkatan N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,13 sedangkan besar peningkatan N-gain kelas eksperimen sebesar 0,31. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model quantum learning one day one question berbasis daily life science question dapat meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah tulis siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Quantum learning, One Day One Question Quantum learning Model Based On Daily Life Science Question, Scientific Communication
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Mar 2022 06:03
Last Modified: 15 Mar 2022 06:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49068

Actions (login required)

View Item View Item