PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL (DARING) DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA SISWA KELAS XII DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG


Muhammad Masyhur Mancanegara Rois, 1301415082 (2021) PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL (DARING) DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA SISWA KELAS XII DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL (DARING) DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA SISWA KELAS XII DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG] PDF (PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL (DARING) DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA SISWA KELAS XII DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilandasi dengan adanya fenomena di lapangan mengenai maraknya penyalahgunaan narkotika di Indonesia khususnya di kalangan pelajar yang meresahkan orang tua dan pendidik di sekolah. Bahaya penyalahgunaan narkoba sangat berpengaruh negatif pada kehidupan siswa dari segi aspek seperti kesehatan, psikologis, ekonomi dan hukum. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1). Untuk mengetahui seberapa tingkat pemahaman siswa sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal teknik modeling simbolik, (2). Untuk mengetahui seberapa tingkat pemahaman siswa setelah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik modeling simbolik, (3). Untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan klasikal teknik modeling simbolik terhadap peningkatan pemahaman siswa terkait penylahgunaan narkoba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan berjumlah 46 siswa dari 164 siswa dengan teknik purposive sampling kriteria. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu instrumen tes pemahaman tentang penyalahgunaan narkoba. Hasil penelitian terhadap siswa sebelum diberikan treatment bimbingan klasikal dengan teknik modeling simbolik memiliki kriteria sedang dengan prosentase 45,65%, setelah diberikan treatment bimbingan klasikal dengan teknik modeling simbolik memiliki krieria tinggi dengan prosentase 56,52%, adapun teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa t-hitung sebesar 9,965 dengan df=45 sehingga nilai t-tabel menjadi 2000. Dengan demikian hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik modeling simbolik terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Berdasarkan hasil dari penelitian diharapkan agar guru BK dapat meningkatkan layanan bimbingan klasikal dengan teknik modeling simbolik agar dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba dari berbagai aspek seperti kesehatan, psikologis, ekonomi dan hukum

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan klasikal; modeling; pemahaman bahaya penyalahgunaan narkoba
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:15
Last Modified: 14 Mar 2022 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49028

Actions (login required)

View Item View Item