ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM ANIME JEPANG “KIMI NO NA WA”


Merida Ayu Trisnawati, 2302415003 (2020) ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM ANIME JEPANG “KIMI NO NA WA”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM ANIME JEPANG “KIMI NO NA WA”] PDF (ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM ANIME JEPANG “KIMI NO NA WA”) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di Jepang yang merupakan negara yang terkenal dengan perpaduannya yang baik antara kebudayaan tradisional dan kebudayaan modern, masyarakatnya juga dikatakan kental akan nilai-nilai budaya yang masih terus diikuti. Salah satu poin yang tidak pernah lepas ketika membahas masyarakat adalah kebudayaan. Kebudayaan merupakan sesuatu yang tercipta dari kebiasaan dan terus berlanjut sampai kegenerasi selanjutnya sehingga menjadi suatu ciri khas dari kelompok masyarakat tertentu. Tidak terbatas pada kelompok kecil, suatu kelompok masyarakat tertentu disuatu daerah desa, kota, atau bahkan negara pasti memiliki kebudayaannya sendiri. Dalam kebudayaan tersebut juga memiliki hubungan dengan nilai-nilai budaya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang bersifat universal maupun nilai budaya masyarakat Jepang yang terdapat dalam anime Jepang “Kimi no Na wa”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Wujud data berupa dialog dan situasi yang terdapat dalam anime tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak catat. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Data diperoleh 21 data dengan 12 nilai budaya yang bersifat universal menurut teori dari Endraswara dalam anime “Kimi no Na wa”, yaitu: menyembah Tuhan/Dewa, Beribadah/Ritual, Gotong Royong, Rela Berkorban, Kasih Sayang, Tolong Menolong, Rukun, Menjaga kelestarian lingkungan, menyayangi binatang, melestarikan tumbuhan, Percaya diri dan Teguh pendirian. Yang paling banyak ditonjolkan dalam anime ini adalah nilai budaya hubungan manusia dengan manusia yaitu Tolong Menolong.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai budaya, anime, Jepang
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:06
Last Modified: 14 Mar 2022 01:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49027

Actions (login required)

View Item View Item