KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK KELAS XI PADA PEMBELAJARAN DARING MODEL CORE DENGAN MICROSOFT TEAMS


Hariyadi Salam, 4101416044 (2021) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK KELAS XI PADA PEMBELAJARAN DARING MODEL CORE DENGAN MICROSOFT TEAMS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101416044 - Hariyadi Salam.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran daring model CORE dengan Microsoft Teams terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan (2) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan disposisi matematis pada pembelajaran daring model CORE dengan Microsoft Teams. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan desain explanatory sequential. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dan penentuan subjek dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, angket, tes, dan wawancara. Desain kuantitatif menggunakan posttest-only control-group design. Analisis data kuantitatif yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan dua rata-rata, uji perbedaan dua proporsi, dan uji regresi. Adapun teknik analisis data kualitatif menggunakan analisis sebelum dan selama di lapangan dengan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Uji keabsahan data kualitatif meliputi uji kredibilitas, uji keteralihan, uji ketergantungan, dan uji kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran daring model CORE dengan Microsoft Teams efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, karena kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran daring model CORE dengan Microsoft Teams: (a) mencapai ketuntasan belajar minimal, (b) lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran Direct Instruction, (c) memiliki proporsi lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran Direct Instruction, serta (d) terdapat pengaruh positif disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis sebesar 78.9% dan 21.1% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) Subjek dengan disposisi matematis tinggi sangat baik dalam memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematis walaupun terkadang kurang teliti. Subjek dengan disposisi matematis sedang masing-masing dapat memenuhi lima indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, secara umum kekurangannya adalah menyatakan ulang sebuah konsep, memberi contoh dan noncontoh dari konsep, memanfaatkan prosedur atau operasi tertentu, dan mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya. Subjek dengan disposisi matematis rendah masing-masing hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu memberi contoh dan noncontoh dari konsep serta mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Disposisi, CORE, Microsoft Teams
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:44
Last Modified: 08 Mar 2022 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/48963

Actions (login required)

View Item View Item